Antisipasi Virus Corona di DKI

Petugas Satgas Covid-19 Kelapa Dua Wetan Pasok Kebutuhan Logistik Bagi Warga yang Isolasi Mandiri

Satgas Covid-19 RW 01 memastikan kebutuhan logistik makan dan minum warga terkonfirmasi selama menjalani isolasi mandiri di rumah tercukupi

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Bima Putra
Anggota Satgas Covid-19 RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan saat mendistribusikan makanan siap saji untuk warga terkonfirmasi Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Satgas Covid-19 RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur tidak membangun dapur umum selama pemberlakuan mikro lockdown di permukiman warga RT 03 dan RT 05.

Ketua RW RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan Bambang Subiantara mengatakan pihaknya memilih tidak mendirikan dapur guna mencegah kerumunan warga yang berisiko memicu penularan Covid-19.

"Dikhawatirkan nanti terjadi kerumunan warga saat memasak. Kita juga sempat konsultasi dengan Satgas Covid-19 tingkat Kelurahan, katanya enggak apa," kata Bambang di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/6/2021).

Meski tidak mendirikan dapur umum Satgas Covid-19 RW 01 memastikan kebutuhan logistik makan dan minum warga terkonfirmasi selama menjalani isolasi mandiri di rumah tercukupi.

Kebutuhan logistik berupa makanan siap saji untuk warga terkonfirmasi yang isolasi mandiri dipasok Sudin Sosial Jakarta Timur, ini sudah berlangsung sejak Senin (21/6/2021) mikro lockdown berlaku.

"Jadi diantar dari Sudin Sosial Jakarta Timur ke kantor Kelurahan, baru dari kantor Kelurahan diantar ke sini lalu dibagikan ke rumah-rumah warga. Kebutuhan makan tiga kali sehari," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD DKI Minta Anies Baswedan Ubah Nama Jalan Kebon Sirih Jadi Jalan Ali Sadikin

Baca juga: Vaksinasi Massal di Stadion Patriot Bekasi Diikuti 8.000 Peserta, Ditargetkan 3 Jam Selesai

Baca juga: Jumlah Pasien Covid-19 di Graha Wisata Ragunan Berkurang, Dihuni 132 Orang dan Tersisa 7 Kamar

Hingga Selasa (22/6/2021) siang tercatat 24 warga terkonfirmasi Covid-19 dari RT 03 dan RT 05 yang masih menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan ketat dari Satgas Covid-19 RW 01.

Bambang menuturkan tidak semua warganya yang terkonfirmasi Covid-19 bisa menjalani isolasi mandiri di rumah, mayoritas justru dievakuasi ke RS rujukan dan tempat isolasi khusus.

"Kalau kondisi rumahnya memungkinkan kita perbolehkan isolasi mandiri di rumah. Jadi dilihat dulu kondisi rumahnya oleh pihak Puskesmas, apa memungkinkan untuk isolasi mandiri atau tidak," tuturnya.

Total kasus terkonfirmasi Covid-19 di RT 03 dan RT 05/RW 01 Kelurahan Kelapa Dua Wetan awalnya tercatat sebanyak 63 kasus, tapi jumlahnya kasus aktif Covid-19 kini berkurang menjadi 51.

Rinciannya 17 warga RT 03 dan 34 warga RT 05, kasus terkonfirmasi Covid-19 pada dua RT yang wilayahnya dipisahkan Jalan Praji II ini ini merupakan klaster keluarga atau bukan akibat kegiatan warga.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved