Breaking News:

Kampus UI Sebut Unggahan BEM UI Soal Presiden Jokowi ‘The King Of Lip Service’, Melanggar Aturan

 Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI), Amelita Lusia, mengatakan bahwa pemanggilan 10 anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA/Twitter @BEMUI_Official
Postingan akun Twitter BEM UI, menjuluki Jokowi sebagai The King of Lip Service, Sabtu (26/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI), Amelita Lusia, mengatakan bahwa pemanggilan 10 anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), buntut dari unggahan Presiden Joko Widodo The King Of Lip Service, merupakan bagian dari proses pembinaan kemahasiswaan.

“Pemanggilan terhadap BEM UI ini karena menilai urgensi dari masalah yang sudah ramai sejak postingan yang mereka buat di akun sosial media BEM UI. Pemanggilan ini adalah bagian dari proses pembinaan kemahasiswaan yang ada di UI,” ujar Amelita dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/6/2021).

Amelita menjelaskan, apa yang diunggah oleh BEM UI pada akun sosial media instagramnya, dalam hal ini kritikan terhadap Presiden Joko Widodo, merupakan kebebasan berpendapat dan menyampaikan informasi yang dilindungi undang-undang.

Akan tetapi, menurut Amelita, seyogyanya aturan dan koridor hukum yang berlaku tetap diperhatikan dalam menyampaikan kebebasan berpendapat dan aspirasi tersebut.

“Meskipun demikian dalam menyampaikan pendapat, seyogyanya harus menaati dan sesuai koridor hukum yang berlaku,” kata Amelita.

Amelita menambahkan, unggahan Presiden Joko Widodo yang merupakan simbol negara dengan diedit menggunakan mahkota berwarna merah, serta sejumlah tulisan yang di antaranya adalah ‘The King Of Lip Service’, bukanlah cara yang benar untuk menyampaikan pendapat.

Baca juga: Begini Respons Istana Usai Presiden Jokowi Dijuluki King Of The Lip Service Oleh BEM UI

Baca juga: Jokowi Dijuluki King of The Lip Service, BEM UI Dipanggil Pihak Kampus: Bisa Menimbulkan Pelanggaran

Baca juga: Presiden Jokowi Dinobatkan King Of The Lip Service, BEM UI: Ini Baik Menjadi Perhatian Masyarakat

“Bukanlah cara menyampaikan pendapat yang sesuai aturan yang tepat, karena melanggar beberapa peraturan yang ada,” tuturnya.

Namun, Amelita tidak menjelaskan peraturan apa yang dilanggar oleh mahasiswanya dalam postingan tersebut.

“Atas pemuatan meme tersebut di media sosial, Universitas Indonesia mengambil sikap tegas dengan melakukan pemanggilan terhadap BEM UI pada sore hari Minggu, 27 Juni 2021,” ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved