Virus Corona di Indonesia

Menteri Kesehatan Sebut Pemerintah Akan Impor Tabung Oksigen

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku telah berkoordinasi dengan kementerian terkait rencana impor tabung oksigen 6 meter kubik dan 1 meter

Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Ilustrasi Guna mengatasi kelangkaan tabung oksigen saat Pandemi Covid-19, Pemerintah memutuskan mengimpor. 

TRIBUNJAKARTA.COM- Guna mengatasi kelangkaan tabung oksigen saat Pandemi Covid-19, Pemerintah memutuskan mengimpor.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku telah berkoordinasi dengan kementerian terkait rencana impor tabung oksigen 6 meter kubik dan 1 meter kubik.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Perindustrian untuk mengimpor tabung 6 meter kubik dan 1 meter kubik untuk memenuhi ruang-ruang darurat tambahan yang ada di rumah sakit,” kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, di Jakarta, Senin (5/7/2021).

Budi mengatakan proses distribusi oksigen liquid ke rumah sakit dalam volume besar menggunakan tangki tak maksimal dalam memenuhi kebutuhan pasien Covid-19.

Kebutuhan tabung oksigen oleh mayoritas rumah sakit saat ini makin banyak karena tambahan kamar darurat.

Baca juga: Stok Tabung Oksigen Terbatas, Bobhil Sering Bingung saat Ditelpon Pasien Covid-19: Bicara Gak Fokus

”Sehingga kami juga melihat ada isu di distribusi yang tadinya bisa kirim langsung memasukkan ke tangki besar liquid untuk didistribusikan dengan jaringan oksigen, sekarang harus dilakukan dalam bentuk tabung,” ujarnya.

Budi menyebut dalam satu bulan terakhir terjadi lonjakan pasien Covid-19 hingga 352 persen.

”Sebelum lebaran jumlah pasien Covid ada 23 ribu dan jumlah tempat tidur yang tersedia pada saat itu 75 ribu. Jadi tiga kali lipat dari jumlah pasien. Dalam satu bulan atau lima minggu terakhir, jumlah pasien naik dari 23 ribu sekarang sudah menyentuh 81 ribu, hampir 3,5 kali lipat,” lanjutnya.

Budi Gunadi menjelaskan, total tempat tidur di rumah sakit seluruh Indonesia sebesar 389 ribu. Sesuai SE yang telah dikeluarkan, 30 persen dari total tempat tidur dialokasikan untuk pasien Covid-19 atau 130 ribu dari 389 ribu tempat tidur.

Baca juga: Imbas Kelangkaan Oksigen, Warga Rela Antre Berjam-jam di Pengisian Kawasan Penggilingan

Namun, ketersediaan saat ini berada di angka 98 ribu tempat tidur. "Seperti yang sampaikan tadi estimasi kita kapasitasnya di 130 ribu atau 30 persen dari total bed," ujarnya.

Saat ini kapasitas produksi oksigen nasional berjumlah 866 ribu ton per tahun. Namun, utilisasi semua pabrik sekarang hanya 75 persen.

Akibatnya, jumlah produksi riil hanya 640 ribu ton per tahun. Mayoritas atau 75 persen oksigen itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan beberapa industri baja dan nikel.

”Kuota kebutuhan medis hanya 25 persen atau 181 ribu ton per tahun,” imbuh Budi.

Budi mengaku sudah membahasnya dengan Kementerian Perindustrian. Kedua kementerian sepakat agar 90 persen atau 575 ribu ton oksigen yang menjadi jatah industri diberikan ke medis demi memenuhi kebutuhan rumah sakit.

Baca juga: Ada Peminjaman Tabung Oksigen Gratis di Matraman, Ini Cara Cek Ketersediaan dan Syarat Mendapatkan

Menurut Budi, kebutuhan oskigen akan dipasok ke sejumlah rumah sakit di Pulau Jawa. Hal ini khusus di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. "Kami harus ada logistik yang disalurkan ke sana," jelasnya.

Terkait rencana impor tabung oksigen, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa hal itu kini sedang diproses.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meroket, Toko Isi Ulang Tabung Oksigen di Koja Diburu Warga

"Memang oksigen beberapa tempat kurang, ini kita atasi. Bahkan malah ada opsi kita mengimpor dan sekarang on going," ujar Luhut dalam video virtual, Senin (5/7).

Luhut meminta tabung oksigen bisa segera disediakan lebih cepat. Soal impor tabung oksigen pihaknya telah meminta kepada Kementerian Perindustrian. "Kita menugaskan Kemenperin untuk memasok oksigen impor," jelasnya. (tribun network/mam/dod)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Akhirnya Impor Tabung Oksigen, Pasien Covid Melonjak 352 Persen

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved