Breaking News:

Euro 2020

Gemilangnya Kiper Spesialis Adu Penalti Gianluigi Donnarumma Bawa Italia Juara Piala Eropa

Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma mencatatkan prestasi gemilang sebagai spesialis adu penalti. Berikut catatan prestasinya.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Laurence Griffiths / POOL / AFP
Penjaga gawang Italia Gianluigi Donnarumma (tengah) merayakan dengan rekan satu timnya setelah memenangkan pertandingan sepak bola final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Penjaga gawang Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma mencatatkan prestasi gemilang sebagai kiper spesialis adu penalti.

Hal itu terbukti saat Gianluigi Donnarumma membawa Gli Azzurri juara Euro 2020 setelah melewati adu penalti kontra Inggris saat babak final.

Dikutip BolaSport.com dari Transfermarkt, Donnarumma kini telah memenangi seluruh laga bersama timnya melalui adu penalti.

Donnarumma tercatat sudah menyelesaikan laga melalui babak adu penalti sebanyak 6 kali.

Rinciannya adalah 4 kali bersama klub dan 2 sisanya bersama tim nasional.

Baca juga: Fakta Menarik Juara Euro 2020 Italia dan Scudetto Inter Milan, Juara Usai Sekian Purnama Tak Juara

Kali pertama Donnarumma bertanding hingga babak adu tos-tosan terjadi pada final Piala Super Italia 2016-2017.

Kala itu, Donnarumma sukses membawa AC Milan juara usai mengalahkan Juventus dengan skor penalti 4-3.

Pemain depan Inggris Jadon Sancho (kanan) gagal mencetak gol melewati kiper Italia Gianluigi Donnarumma (kiri) dalam adu penalti selama pertandingan sepak bola final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021.
Pemain depan Inggris Jadon Sancho (kanan) gagal mencetak gol melewati kiper Italia Gianluigi Donnarumma (kiri) dalam adu penalti selama pertandingan sepak bola final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di Stadion Wembley di London pada 11 Juli 2021. (FACUNDO ARRIZABALAGA / POOL / AFP)

Pada tiga kemenangan penalti lainnya bersama klub, Donnarumma membawa AC Milan mengalahkan Lazio di Piala Italia (5-4), Rio Ave FC di Kualifikasi Liga Europa (9-8), dan Torino (5-4).

Baca juga: 10 Fakta Italia Kampiun Euro 2021, Kalahkan Inggris Lewat Adu Penalti, Gol Luke Shaw yang Tercepat

Adapun dua kemenangan penalti di level internasional, Donnarumma melakukannya di ajang Piala Eropa 2020, termasuk melawan Inggris.

Sebelum mengalahkan Inggris di final, Donnarumma sudah lebih dulu membawa Italia mengalahkan Spanyol di semifinal (4-2).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved