Breaking News:

Sisi Lain Metropolitan

Perkuat Imunitas Saat Pandemi Covid-19, Warga Lenteng Agung Bikin Bilik Sauna Keliling

Sauna ini awalnya digunakan sebagai pengobatan terapi untuk penyembuhan struk, gula, kolesterol dan sejumlah penyakit lainnya. 

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Penampakan Bilik Sauna yang tertutup di RT 006 RW 001 Lenteng Agung. Tampak seorang anak kecil (baju hitam) menunggu giliran untuk mandi uap pada Jumat (16/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Warga Lenteng Agung membangun sebuah bilik sauna keliling rukun tetangga (RT) di wilayah RW 001, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Selain aktivitas berjemur, bilik sauna itu diyakini warga dapat memperkuat imunitas tubuh di saat pandemi. 

Usai duduk belasan menit dari balik bilik sederhana itu, sekujur tubuh mereka seketika bermandikan peluh, segar dan benar-benar 'plong'.

Di Jumat siang yang cukup terik, sejumlah warga RT 006 RW 001 Lenteng Agung mendatangi sebuah lapangan bulu tangkis di permukiman mereka.

Di salah satu sudut lapangan itu, berdiri sebuah bilik sauna sederhana. Bilik setinggi 170 cm dan lebar 100 cm itu terbuat dari terpal dengan rangka pipa. Tersedia dua bangku plastik di dalam bilik itu.

Di tengah bilik terpasang ritsleting untuk membuka atau menutup terpal.

Uap panas yang masuk ke dalam bilik berasal dari teko berisi air rebusan ramuan herbal. Untuk mengalirkan uap itu, mulut teko disambung dengan sebuah pipa panjang dari dalam bilik sauna

Teko yang berada di atas tungku gas portable seketika mengeluarkan uap panas langsung ke dalam bilik. 

Doni dan Mahyunir menjadi warga yang pertama memasuki bilik itu. Sebelum masuk, kedua pria itu lebih dulu menanggalkan bajunya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved