Breaking News:

Iduladha 2021

7 Kg Hati Sapi Mengandung Cacing Ditemukan di Tempat Pemotongan Hewan di Pasar Rebo

Petugas mengatakan organ tak laik itu ditemukan dari pemeriksaan postmortem atau setelah kematian

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Petugas pengawas hewan kurban Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Zakiatun Muhammad saat menunujukkan cacing hati yang ditemukan pada organ sapi hewan kurban di Jakarta Timur, Rabu (21/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO -Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur mendapati organ hewan kurban tak layak konsumsi pada Iduladha 1442 Hijriah di Kecamatan Pasar Rebo.

Petugas pengawas hewan kurban Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Zakiatun Muhammad mengatakan organ tak laik itu ditemukan dari pemeriksaan postmortem atau setelah kematian.

Pada tempat pemotongan hewan kurban Masjid Jami Al-Akhyar, Kelurahan Gedong di antaranya  ditemukan sekitar tujuh kilogram organ hewan kurban yang dibuang karena tidak laik konsumsi.

"Dari hasil pemeriksaan kita temukan penyakit dari organnya kita temukan cacing hati, kurang lebih sekitar 7 kilogram yang diafkir (dimusnahkan). Itu hati sapi semua," kata Zakiatun di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (20/7/2021).

Baca juga: Ajukan Revisi Perda Covid-19, Anies Minta Satpol PP Bisa Lakukan Penyidikan Seperti Polisi

Dalam pemeriksaan postmortem yang dilakukan sebelum daging hewan kurban didistribusikan ke warga petugas juga melakukan memeriksa organ jantung, paru, hati, limpa, dan ginjal.

Namun dari pemeriksaan di tempat pemotongan Masjid Al-Akhyar yang menyembelih sebanyak tujuh ekor sapi dan delapan ekor kambing pada Iduladha 1442 Hijriah organ lain layak konsumsi.

"Tadi bagian hati yang ditemukan cacing itu sebelum dibuang kita pisahkan lalu kita siram cairan karbol agar tidak dikonsumsi warga. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa organ layak konsumsi," ujarnya.

Baca juga: Bersihkan Jeroan Hewan Kurban, Santri Hanyut Terseret Ombak, Jasadnya Ditemukan Sehari Kemudian

Zakiatun menuturkan tidak semua organ hati yang ditemukan cacing dibuang atau dimusnahkan, dalam hal ini petugas Sudin KPKP Jakarta Timur lebih dulu melihat jumlah cacing hati pada satu organ.

Bila persentase jumlah cacing pada organ hati sedikit maka petugas hanya membuang bagian hati yang terjangkit cacing, namun bila jumlahnya banyak maka keseluruhan organ dibuang.

"Kalau yang tadi sekitar 7 kilogram dibuang tadi itu karena jumlah cacing hati pada organ hatinya sudah nyaris keseluruhan, jadi dibuang. Jadi kita minta panitia pemotongan tidak mendistribusikan ke warga," tuturnya.

Baca juga: Kapolrestro Jakarta Timur Rutin Kurban Setiap Iduladha: Daging Dibagi ke Warga di Pelosok Daerah

Pemeriksaan postmortem hewan kurban yang dilakukan jajaran Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo ini mendapat sambutan baik dari panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Jami Al-Akhyar.

Setelah petugas Satpel KPKP Pasar Rebo menyatakan organ hewan laik konsumsi mereka memotong bagian organ dalam sejumlah bagian lalu dikemas di kantong untuk didistribusikan ke warga.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved