Breaking News:

Info Kuliah

Ingin Kerja Sambil Lanjut Studi? Buruan Daftar Kuliah S1 dan S2 Jalur RPL, Ada Subsidi Biaya

Kamu ingin kerja sambil lanjut studi? tenang saat ini Pemerintah telah membuka Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Penulis: Kurniawati Hasjanah | Editor: Siti Nawiroh
freepik
Ingin Kerja Sambil Lanjut Studi? Buruan Daftar Kuliah S1 dan S2 Jalur RPL, Ada Subsidi Biaya 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kamu ingin kerja sambil lanjut studi? tenang saat ini Pemerintah telah membuka Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Beberapa kampus telah bergabung dalam program ini untuk mengakomodasi keinginan pekerja yang ingin mendapatkan gelar sarjana dan magister.

Tentu gelar ini berpengaruh pada kenaikan gaji dan jabatan nantinya.

Dilansir dari Instagram resmi @ditjen.dikti pada Rabu (21/7), RPL adalah pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke capaian hasil belajar pembelajaran formal.

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

Dalam program ini, terdapat pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan sks untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi (mahasiswa yang diterima hanya diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak memperoleh pengakuan).

Baca juga: Masih Ada Waktu Daftar KIP Kuliah Kampus Swasta, Cek Sederet Keuntungannya

Program RPL mengajak calon mahasiswa untuk mendaftar di perguruan tinggi (universitas, institut, atau sekolah tinggi) pada program sarjana dan magister (nonvokasi).

Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima di perguruan tinggi yang dituju, akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester.

Tujuan Program RPL:

1. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi

2. Mendorong masyarakat yang terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja dan kompetensi relevan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved