Antisipasi Virus Corona di DKI

PPKM Level 3 Jabodetabek: Penumpang KRL Masih Wajib Membawa STRP

calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Jabodetabek masih harus menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Editor: Wahyu Aji
Tribunnews/Irwan Rismawan
Sejumlah penumpang mengantre untuk menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) memperketat penerapan protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang mengenakan masker selama naik KRL dan melarang penumpang menggunakan masker jenis scuba atau buff karena dinilai tak efektif mencegah risiko paparan bakteri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNJAKARTA.COM - Presiden Joko Widodo memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021.

Dalam perpanjang PPKM ini, beberapa kota telah turun level.

Beberapa wilayah telah turun dari PPKM level 4 menjadi level 3.

Untuk pulau Jawa dan Bali, Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya telah diturunkan menjadi PPKM level 3 yang semula level 4.

Meski begitu, para calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Jabodetabek masih harus menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, selama periode PPKM 24-30 Agustus 2021 calon penumpang KRL masih harus membawa STRP sebelum melakukan perjalanan.

"Selain itu, layanan KRL juga masih dikhususkan untuk para pekerja di sektor esensial dan kritikal saja," ucap Anne dalam keterangannya, Senin (23/8/2021).

Anne juga menyebutkan, penerapanan aturan perjalanan menggunakan KRL masih sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 58 tahun 2021 dan KAI Commuter akan mengikuti bila selanjutnya ada ketentuan terbaru dari pemerintah.

"Dokumen syarat perjalanan dengan menggunakan KRL yang harus dimiliki dan ditunjukkan kepada petugas oleh para penumpang KRL," ucap Anne.

Berikut aturan perjalanan yang harus dipenuhi penumpang KRL selama PPKM:

1. STRP atau surat keterangan dari pemerintah daerah setempat.

2. Surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja.

3. Untuk pengguna dengan kebutuhan mendesak seperti keperluan medis atau pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

Baca juga: PPKM Level 3 Jakarta dan Sekitarnya Diterapkan Mulai Hari Ini Selasa (24/8), Apa Beda dengan Level 4

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved