Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

139 Sekolah di Kota Bekasi Memulai PTM Terbatas, Orangtua Siswa: PJJ Tidak Membuat Anak Pintar

139 sekolah tingkat SMP sederajat di Kota Bekasi memulai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas hari ini, Rabu (1/9/2021).

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Pembelajaran tatap (PTM) terbatas di SMPN 2 Kota Bekasi, Rabu (1/9/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Sebanyak 139 sekolah tingkat SMP sederajat di Kota Bekasi memulai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas hari ini, Rabu (1/9/2021).

Kebijakan ini rupanya disambut baik orangtua siswa, mereka menilai pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sudah berjalan semenjak pandemi Covid-19 membuat anak tidak pintar.

Seperti yang disampaikan Astria, orangtua siswa SMP Negeri 2 Kota Bekasi, dia mengaku, PTM terbatas tidak ada salahnya dimulai meski masih ada kekhawatiran akan pandemi.

"Sebenarnya PJJ itu tidak membuat anak pintar, ada yang dia paham tapi ada juga yang dia tidak paham, karena kan tidak ketemu dengan guru yang menjelaskan langsung secara detail, hanya penjelasan lewat video kadang zoom," kata Astria.

Baca juga: 30 Persen Siswa SMP Negeri 2 Kota Bekasi Belum Dapat Izin Orangtua Ikut Belajar Tatap Muka

Selain itu, PJJ juga dimilai cukup memberatkan. Sebab, siswa harus dituntut memiliki gawai dan sambungan internet untuk modal belajar.

"Kan kaya nge-upload video itu membutuhkan kapasitas (kuota internet) yang lumayan ya, kemudian, kalaupun pake vidoe juga tidak selamanya lancar," jelas dia.

Siswa SMP Negeri 2 Kota Bekasi mengikuti PTM Terbatas, Rabu (1/9/2021). 
Siswa SMP Negeri 2 Kota Bekasi mengikuti PTM Terbatas, Rabu (1/9/2021).  (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, sebanyak 139 SMP negeri dan swasta hari ini sudah memulai PTM terbatas.

"Jadi sekaran ini sudah kita lakukan penetapan berdasarkan hasil masuk proposal dan juga dari para pengawas sekolah ada 139 negeri swasta," kata pria yang akrab disapa Inay.

Baca juga: Sudah Gelar PTM, Tak Ada Siswa SMAN Unggulan MH Thamrin yang Tinggal di Asrama Sekolah

Pelaksanaan hari pertam lanjut dia berjalan lancar, ia sudah melakukan monitoring secara langsung ke beberapa sekolah yang menggelar PTM terbatas.

"Kita tekankan kepada kepsesk dan jajaran harus laksanakan dengan prokes ketat dan yang penting kita komitmen bersama antara masyarakat, orangtua, lurah camat dan sekolah, komitmen ketat terhadap penerapan prokes jadi sama-sama jaga," tegasnya.

Baca juga: PTM Terbatas di Kota Bekasi Dimulai Hari ini, SMP Negeri 2 Buka Tujuh Kelas

Pantauan TribunJakarta.com untuk PTM terbatas di SMP Negeri 2 Kota Bekasi, dibuka sebanyak tujuh kelas dengan tiap kelas diisi sebanyak 18 siswa.

Kegiatan PTM terbatas dimulai pukul 07.30 WIB, terdapat empat mata pelajaran yang diikuti siswa dalam satu hari hingga pukul 12.00 WIB.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved