Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Wali Kota Jakarta Timur Minta Vaksinasi Covid-19 untuk Pemulung Ditingkatkan

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meminta jajarannya bekerja sama dengan pihak swasta meningkatkan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pemulung.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Para pemulung peserta vaksinasi Covid-19 di Jalan Pulo Lentut, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meminta jajarannya bekerja sama dengan pihak swasta meningkatkan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pemulung.

Ini disampaikan saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Jalan Pulo Lentut RT 01/RW 06, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung yang diikuti 150 pemulung pada Sabtu (4/9/2021).

"Harapan saya tetap dilanjutkan di wilayah Kecamatan lainnya. Kita mapping (Identifikasi), nanti kira-kira pemulung banyaknya di mana," kata Anwar di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021).

Pasalnya pemulung termasuk kelompok sosial yang rentan terpapar Covid-19 karena minim mendapat informasi terkait Covid-19, tidak menerapkan gaya hidup sehat, dan memiliki mobilitas tinggi.

Para pemulung pun cenderung tinggal dalam satu lokasi padat penduduk sehingga bila satu orang terkonfirmasi Covid-19 penularannya lebih cepat karena tidak adanya jaga jarak.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat menyerahkan kartu jadwal dosis dua untuk pemulung peserta vaksinasi Covid-19 di Cakung, Sabtu (4/9/2021).
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat menyerahkan kartu jadwal dosis dua untuk pemulung peserta vaksinasi Covid-19 di Cakung, Sabtu (4/9/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Dia meminta disediakan sentra vaksinasi massal Covid-19 dekat permukiman komunitas pemulung sehingga memudahkan para pemulung untuk menjangkau lokasi kegiatan.

"Jangan sampai kita (masyarakat ekonomi menengah ke atas) tervaksin, mereka (pemulung) tidak. Apalagi kemampuan ekonomi mereka dengan adanya Covid-19 lebih terpuruk lagi," ujarnya.

Baca juga: Dapat Sembako, Ratusan Pemulung di Cakung Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur Purwono menuturkan bakal bekerja sama dengan sejumlah pihak swasta untuk menggelar vaksinasi massal Covid-19 di permukiman komunitas pemulung.

Dia mencontohkan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk 150 pemulung di Kelurahan Rawa Terate hasil kerja sama Pemkot Jakarta Timur dengan Serviam, PT Unilever, dan Ikatan Pemulung Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved