Breaking News:

Kabar Artis

Komnas PA Soroti Artis yang Ikut Sambut Saipul Jamil: Bisa Dilaporkan Ikut Serta

Komnas PA mengatakan, tak menutup kemungkinan bila sejumlah artis yang ikut menyambut pembebasan Saipul Jamil ini ‘diseret’ ke ranah pidana.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Erik Sinaga
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Pedangdut Saipul Jamil akhirnya menghirup udara segar setelah lima tahun mendekam didalam penjara, atas kasus asusila dan suap panitera dan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) turut menyoroti sejumlah artis yang turut serta menyambut bebasnya pedangdut Saipul Jamil dari Lapas Cipinang, pada Kamis (2/9/2021) lalu.

Diketahui, pedangdut yang kerap disapa Bang Ipul ini dipenjara lima tahun lamanya atas kasus pelecehan seksual terhadap remaja, dan menyuap petugas Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, mengatakan, tak menutup kemungkinan bila sejumlah artis yang ikut menyambut pembebasan Saipul Jamil ini ‘diseret’ ke ranah pidana.

“Sebenarnya bisa dilaporkan ikut serta, mendukung pedofilia itu. Misalnya saya dengar Inul Daratista yang menyiapkan itu semua kan. Itu bisa dikenakan pidana karena turut serta mendukung terjadinya kekerasan seksual walaupun Saipul Jamil telah menjalani proses pidananya,” ungkap Arist saat dikonfirmasi wartawan, Senin (6/9/2021).

Baca juga: KPI Akhirnya Bertindak Soal Saipul Jamil di TV, Ernest Prakasa: Kalau Ada Masalah Lapor ke Netizen

Arist mengatakan, apa yang dilakukan oleh Inul sangat berlebihan dan tidak mendidik.

“Saya kira gini, kalau misal pendukungnya, termasuk Inul Daratista, kalau itu terjadi pada putrinya, apakah dia akan bersikap begitu, saya kira tidak toh. Oleh karena itu jangan berlebihan, karena itu tidak mendidik,” tegasnya.

Saipul Jamil
Saipul Jamil (KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Sebelumnya juga diwartakan, Arist juga meminta agar masyarakat memboikot Saipul Jamil dari televisi.

“Ini kejahatan merusak generasi bangsa maka kami minta semua masyarakat untuk memboikot tayangan-tayangan Saipul Jamil di televisi maupun media online. Lalu yang kedua meminta kalau ada siaran dari televisi minta masyarakat mematikan televisi kalau ada tayangan dia,” kata Arist.

Baca juga: Saipul Jamil Hadir Lagi di Televisi Usai Bebas Kasus Pelecehan Seksual, Komnas PA Bakal Surati KPI

Arist juga mengatakan, pihaknya menggalang petisi agar masyarakat tidak mencontoh hal-hal buruk terhadap siaran televisi yang menampilkan Saipul Jamil.

“Kemudian kita menggalang petisi, supaya memberikan kesempatan pada masyarakat agar tidak mencontoh hal-hal yang buruk terhadap siaran-siaran itu,” tuturnya.

Baca juga: Undang Saipul Jamil Lalu Cerita Kisah di Bui Tuai Kecaman, Pihak TV Minta Maaf: Kami Terima Kritik

“Termasuk kami juga meminta pada televisi tidak memberikan kesempatan apapun pada Saipul Jamil, karena tayangannya dapat mengabaikan hak anak (dalam hal ini soal perlindungan dan psikologis korban),” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved