Kotak Amal Masjid di Cibubur Dibobol Maling

Pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Jami Darul Ulum, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Tangkapan layar rekaman CCTV saat pelaku mencuri uang kotak amal di Masjid Darul Ulum Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (4/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Jami Darul Ulum, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur Sabtu (4/9/2021) sekira pukul 16.30 WIB.

Maryo, jemaah Masjid Jami Darul Ulum mengatakan aksi pencurian disertai pemberatan yang dilakukan seorang pria ini terjadi saat tidak ada orang di masjid.

Berdasar rekaman CCTV menyorot kejadian, tampak pelaku yang diperkirakan berusia sekitar 30 tahun datang lalu sempat mondar-mandir di selasar masjid.

"Jadi memastikan kalau enggak ada orang lain di masjid. Setelahnya dia langsung mengambil satu kotak amal, kotak untuk Yatim Piatu dan Duafa," kata Maryo di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Modus Jadi Jemaah, Maling Bobol Kotak Amal Musala di Ciracas

Dari rekaman CCTV, pelaku yang berperawakan kurus tersebut tampak menenteng kotak amal dari bagian selasar Masjid ke tempat wudu lalu membobol gembok pengaman.

Pelaku memilih membobol kotak amal yang diperkirakan berisi uang lebih dari Rp 1 Juta di tempat wudu guna menghindari aksinya dipergoki jemaah yang datang.

Baca juga: Modus Jadi Jemaah, Maling Bobol Kotak Amal Musala di Ciracas

"Sepertinya uangnya itu dimasukkan ke dalam kantong celana, karena kalau dari CCTV pelaku ini enggak membawa tas atau kantong. Kalau jumlah uang diambil berapa saya enggak tahu," ujarnya.

Maryo menuturkan aksi pencurian uang kotak amal ini baru diketahui saat jemaah mendapati kotak amal yang sudah dibobol pelaku tergeletak di area tempat wudu.

Baca juga: Aksi Rahmat Bobol Kotak Amal Musala Demi Tuntutan Hidup Tinggal di Hotel & Biayai Wanita Penghibur

Meski saat beraksi pelaku tidak mengenakan masker, jemaah dan warga sekitar Masjid Jami Darul Ulum mengaku tidak pernah melihat pelaku sebelumnya.

"Sisa uang di kotak amal itu masih ada, mungkin karena enggak masuk semua di kantong dan pelaku buru-buru kabur jadi enggak diambil semua duitnya. Pelaku ini kabur lewat pintu depan Masjid," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved