BNNK Jakut Dorong Gerakan Rehabilitasi IBM di Kelurahan Warakas yang Rawan Penyalahgunaan Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara mendorong gerakan rehabilitasi dengan mengedepankan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Sosialisasi gerakan rehabilitasi dengan mengedepankan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara mendorong gerakan rehabilitasi dengan mengedepankan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Gerakan ini digencarkan di wilayah Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang rawan terjadi penyalahgunaan narkotika.

Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Bambang Yudistira menjelaskan, gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran penyalahgunaan narkotika di kelurahan itu.

"Kelurahan Warakas merupakan salah satu dari 17 kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Utara yang rawan terjadi tindak penyalahgunaan narkotika," kata Bambang, Rabu (8/9/2021).

Bambang mengatakan, gerakan rehabilitasi IBM digencarkan lewat kearifan lokal di tengah masyarakat setempat.

Gerakan ini dapat digaungkan melalui kolaborasi aparatur kelurahan, elemen masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

Hal itu untuk menciptakan Kampung Bersinar (Bersih Narkoba).

"Setiap daerah penerapan gerakan rehabilitasi IBM itu berbeda-beda sesuai kearifan lokal di sana. Kami serahkan metode pendekatannya kepada masyarakat," kata Bambang.

Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr. Novianti Purnamasari menerangkan, gerakan rehabilitasi IBM akan meleburkan semua elemen menjadi satu program.

Semua elemen melebur jadi satu untuk mendukung program pemetaan, penjangkauan, dan pendampingan para penyalahguna narkoba.

Baca juga: Ada Pekerjaan Rumah Pompa, Dishub Jakarta Utara Rekayasa Lalu Lintas di Jalan R. E. Martadinata

Dalam prosesnya, semua elemen akan aktif bergerak menjalankan semangat gerakan tersebut.

"Sehingga penyalahguna kembali ke jalan yang benar dan yang masih bersih tetap bersih dari penyalahguna narkoba," sambung Novianti.

Sementara itu, Lurah Warakas Makhrus Nugroho mengatakan gerakan rehabilitasi IBM ini lanjutan dari program Kampung Bersinar yang sejak tahun 2020 silam melahirkan lima orang agen pemulihan narkoba.

Seluruh elemen yang terlibat dalam gerakan ini memberikan jembatan bagi pecandu narkoba untuk menjalani rehabilitasi tanpa perlu khawatir ancaman hukuman bagi yang bersangkutan.

"Gerakan ini dari masyarakat untuk masyarakat, menyebarkan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat luas dan mengajak penyalahguna narkoba mengikuti rehabilitasi," kata Lurah.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved