Breaking News:

Lapas Tangerang Terbakar

Sudah Gelar Perkara, Polisi Cari Tersangka Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

Kombes Yusri Yunus mengatakan pada Kamis (9/9/2021) gelar perkara sudah dilakukan dan pagi hari ini status dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
ISTIMEWA
Lokasi blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang yang hangus terbakar dilalap si jago merah menewaskan 41 warga binaan pemasyarakatan, Rabu (8/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya berpeluang segera menetapkan tersangka dalam kasus kebakaran Blok C2, Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten pada Rabu (8/9/2021).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pada Kamis (9/9/2021) gelar perkara sudah dilakukan dan pagi hari ini status dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan.

"Belum ada tersangka tapi sudah naik ke tingkat penyidikan. Jadi kalau kemarin dugaan pidana, sekarang ditemukan ada di situ pidananya," kata Yusri di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

Status penanganan kasus yang menewaskan 44 narapidana dan puluhan lain luka berat itu dinaikkan  ke penyidikan setelah penyelidik melakukan pemeriksaan terhadap 22 saksi.

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan unsur tindak pidana mengarah ke unsur kesengajaan yang diatur dalam Pasal 187 dan 188 KUHP, dan kelalain sebagaimana diatur di pasal 359 KUHP.

"Sehingga rencana tindak lanjut kedepan kita akan membuat melengkapi administrasi untuk memanggil kembali (saksi) dalam rangka penyidikan dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Baca juga: 4 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi, 2 Warga Jakarta

Selain pemeriksaan saksi lebih lanjut di tingkat penyidikan, Yusri menuturkan jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya juga masih mengumpulkan bukti dari hasil olah TKP Puslabfor Polri.

Alat dan barang bukti nantinya bakal jadi bahan penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya menetapkan tersangka dan pasal yang bakal disangkakan kepada para tersangka pemicu kebakaran.

"Iya (masih mencari bukti-bukti), termasuk siapa tersangka di dalam ini. Tim Labfor masih bekerja, sampai dengan kemarin sore masih lakukan olah TKP. memang ada titik terang sedikit dari mana mula, asal api," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved