Breaking News:

DPRD DKI Minta Pemprov Segera Bersihkan Saluran Air Hingga Resapan, Persiapan Hadapi Musim Hujan

Antisipasi banjir saat musim hujan, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah minta saluran air di sejumlah wilayah dibersihkan.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Antisipasi banjir saat musim hujan, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah minta saluran air di sejumlah wilayah dibersihkan.

Hal ini lantaran ia melihat saluran air disejumlah wilayah tersumbat pada musim kemarau.

Sehingga pembersihan perlu dilakukan.

"Saya kemarin minta dengan Pak Sekda untuk segera memperbaiki got-got yang sifatnya ada di daerah padat penduduk. Karena banyak sekali nih kan selama musim kemarau banyak got yang tersumbat. Itu salah satu untuk mengurangi tersumbatnya air untuk jalan. Itu sih kemarin saya minta ke Sekda untuk segera dilaksanakan di SDA," katanya di Gedung DPRD DKI, Senin (13/9/2021).

Selanjutnya, ia menyinggung soal sumber resapan. Ida menyebut sumber resapan sifatnya hanya mengurangi banjir dan bukan menghindari banjir.

Namun, untuk daerah cekungan, sumber resapan cukup efektif.

"Untuk daerah cekungan, lumayan. Ini menghindari banjir sih tidak, sifatnya hanya membantu mengurangi saja," lanjutnya.

Berdasar hasil evaluasi, Ida menilai sumber resapan tidak semestinya dibebankan pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem hingga 15 September Besok, DKI Siaga Banjir

Pasalnya pembuatan sumber resapan bisa menggandeng Corporate Social Responsibilty (CSR).

"Sumber resapan ini kan seperti yang kita sampaikan bisa lewat csr bisa lewat perusahaan-perusahaan yang membuat, berbicara APBD seperti ini harusnya Pemda melakukan itu," paparnya.

"Apakah mereka mau? pasti mau. Kalau Pemda yang meminta, kan tidak ada salahnya kalau perusahaan itu membuat beberapa sumber resapan tidak mahal kok, apalagi kalau dibuat sendiri atau gotong royong kerjasama dengan masyarakat. Saya yakin ini murah dan mudah," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved