Breaking News:

Bansos

Anggota DPR Ini Sebut Ada Warga Gagal Terima BLT UMKM atau BPUM Karena Belum Divaksin

Anggota DPR RI terima aduan warga gagal dapat bantuan langsung tunai BLT UMKM atau BPUM karena belum divaksin.

Editor: Suharno
SHUTTERSTOCK
ilustrasi bantuan langsung tunai BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Anggota DPR RI menerima aduan adanya warga tidak menerima bantuan langsung tunai BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) karena belum divaksin.

Anggota Komisi VI DPR RI Daeng Muhammad meminta agar para penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tidak dihalangi haknya mencairkan dana tersebut hanya karena belum divaksinasi.

Pasalnya, ia menerima laporan dari warga di daerah pemilihannya (Dapil) Jawa Barat VII yang tidak dapat melakukan pencairan BLT UMKM karena belum vaksinasi Covid-19.

"Saya bilang kepada mereka (warga), tidak pernah dengar dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ada aturannya itu (harus bawa sertifikat vaksin)," kata dia dalam Rapat Kerja bersama Menkop UKM yang ditayangkan secara virtual, dikutip Rabu (22/9/2021).

"Alasan mereka, ada imbauan dari Muspida setempat harus bawa vaksin. Kalau tidak bawa, (BPUM) tidak bisa dicairkan," sambungnya.

Baca juga: Apa Bantuan Langsung Tunai BLT UMKM atau BPUM Dilanjutkan Tahun 2022? Ini Kata Kemenkeu

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta agar Menkop UKM Teten Masduki memastikan kepada seluruh masyarakat bahwa tidak perlu ada syarat membawa sertifikat vaksinasi untuk mencairkan BPUM.

Sebab menurut Daeng, program vaksinasi pemerintah belum dilakukan secara merata di seluruh daerah, terlebih bagi warga yang memiliki penyakit komorbid sehingga tidak dapat divaksinasi.

TONTON JUGA:

"Tolong ditegaskan Pak Menteri, bahwa ini kemudahan (BPUM) ini hak rakyat yang diatur konstitusi sudah harus bisa dicairkan," kata Daeng.

"Tidak boleh ada imbauan yang halangi orang cairkan BPUM yang nilainya Rp 1,2 juta. Sementara kondisi saat ini, (BPUM) itu sangat menolong kita," lanjutnya.

Baca juga: Bantuan Langsung Tunai BLT UMKM Dilanjutkan Tahun 2022? Ini Kata Kemenkop UKM

Meskipun demikian, ia mengapresiasi realisasi penyaluran BPUM yang sudah mencapai 99,29 persen dari pagu Rp 15,63 triliun atau sebesar Rp 15,24 triliun, kepada 12,7 juta pelaku UMKM.

"Walaupun kita belum puas tapi daya usaha untuk lakukan itu saya hargai itu. Mudah-mudahan itu bisa juga dirasakan oleh seluruh rakyat," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggota DPR Sebut Ada Warga yang Tak Bisa Cairkan BLT UMKM karena Belum Vaksinasi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/09/22/113243926/anggota-dpr-sebut-ada-warga-yang-tak-bisa-cairkan-blt-umkm-karena-belum

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved