Breaking News:

Potensi Musik Daerah Merajai Dunia, Yuk Eksiskannya Melalui Platform Digital

Pentingnya gerakan untuk mengeksiskan musik daerah dengan platform digital, ini penjelasan lengkapnya.

Freepik
Ilustrasi musik. Berdasarkan catatan Resso, terdapat peningkatan jumlah unduhan serta traksi di playlist pop daerah, seperti Pop Jawa. 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Pentingnya gerakan untuk mengeksiskan musik daerah dengan platform digital.

Berdasarkan catatan Resso, terdapat peningkatan jumlah unduhan serta traksi di playlist pop daerah, seperti Pop Jawa.

Pendengar Resso juga makin menggemari lagu-lagu dari Sumatera dan Indonesia Timur.

Lagu-lagu pop daerah ini kemudian banyak yang secara kreatif di-remix oleh musisi dari genre musik lain, untuk pasar penikmat musik yang lebih luas.

Musik dan musisi dari berbagai penjuru di tanah air, khususnya di jalur pop daerah, merupakan harta karun industri musik yang masih harus terus digali.

Ilustrasi musik
Ilustrasi musik (Freepik)

Tingginya produktifitas serta meningkatnya apresiasi terhadap lagu-lagu pop daerah tentunya merupakan sebuah perkembangan yang menggembirakan.

Namun saat ini yang tampak masih berupa puncak gunung es saja. Dibutuhkan upaya lebih besar lagi untuk menggarap potensi kumpulan talenta yang luar biasa ini dengan cara mengoptimalkan fungsi dan manfaat platform digital secara penuh.

 Dr. Amin Abdullah, Direktur Industri Musik, Film dan Animasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjelaskan, 17.000 pulau di Indonesia merupakan potensi keragaman seni budaya yang luar biasa, termasuk di antaranya besarnya jumlah musisi, musik daerah, alat-alat musik tradisional, hingga bahasa dan dialeknya yang dapat dieksplorasi dan dikembangkan sesuai semangat zaman.

Baca juga: Ngaku Uang Habis Buat Biaya Nikah dan Mobil Lesti, Rizky Billar Curhat ke Harris Vriza: Pusing Gua

“Kemenparekraf coba memfasilitasi hal tersebut dengan membuat berbagai program mulai dari peningkatan kualitas SDM musisi daerah, serta berbagai ajang dan event yang menampilkan pertunjukan musik daerah,” jelas Amin dalam keterangan resminya pada Minggu (26/9).

Menurut Amin Abdullah, musik daerah sesungguhnya berpotensi merajai musik dunia, atau menjadi World Music.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved