Breaking News:

Yuk Apresiasi Jasa Petani Lewat Beli Produk Lokal, Gak Kalah Keren Kualitasnya

Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Ilustrasi petani. Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September yang lalu bisa menjadi kesempatan untuk mengapresiasi jasa petani dengan cara membeli produk-produk lokal.

Satu di antara cara untuk mengapresiasi petani yang bekerja keras menyediakan makanan yang dinikmati sehari-hari adalah membeli produk-produk mereka.

Banyak produk seperti kopi, nasi, buah dan sayuran bermerek lokal yang merupakan hasil kerja keras para petani Indonesia.

"Dengan membeli produk lokal, kita juga mendukung para petani Indonesia. Selain itu, memberi bantuan untuk para petani juga bisa jadi cara mengapresiasi," terang General Manager Farm Operations, Greenfields Indonesia, Richard Slaney pada Sabtu (2/10).

Ilustrasi
Ilustrasi (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Richard memaparkan, mencari yayasan atau gerakan yang bertujuan untuk membantu para petani, dari segi keuangan, kesehatan dan lainnya.

Baca juga: Intip Kerajinan Tangan Khas Papua, Harga Bisa Capai Jutaan Rupiah Loh

Tanpa harus menjadi anggota, setiap orang bisa membantu para petani dengan menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada para petani melalui yayasan atau gerakan tersebut.

Lebih lanjut, Richard mengatakan pihaknya saat ini punya dua peternakan yakni di Babadan dan Wlingi, Jawa Timur yang terletak di sekitar lahan kerja petani setempat.

Richard menyatakan, pihaknya menghargai kerja keras petani di sekitar peternakan dan berusaha membantu mereka untuk maju bersama.

“Peternakan kami menghasilkan Pupuk Organik Cair (POC) dari manure sapi-sapinya dan POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan."

"Kami bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari kami untuk mempupuk rumput odot,” jelas Richard.

Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Yuk Rutin Buat Minuman Jeruk Nipis dan Madu

Richard menilai, setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ Pupuk Organik Cair untuk lahan mereka.

Pihaknya juga membagikan Pupuk Organik Cair perkebunan kopi di sekitar peternakan dua.

Sebanyak 1000m3 POC dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan lahan kopi seluas 500 hektar.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved