Breaking News:

Formula E

Jakarta Resmi Tuan Rumah Formula E, Transparansi Anggaran & Lokasi Jadi Sorotan

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah mengkritisi dua hal setelah Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022.

ISTIMEWA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Alejandro Agag (CEO FIA Formula E, kiri) dan Alberto Longo, Co-Founder dan CCO FIA Formula E (kanan) saat berbincang bersama di lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York, sesaat sebelum bendera start balap Formula E dikibarkan, Sabtu, 13 Juli 2019. Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengkritisi dua hal setelah Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengkritisi dua hal setelah Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022.

Sebelumnya, tepat di empat tahun Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Pemprov DKI resmi mengumumkan hal ini.

Keputusan ini pun telah ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Trubus menyampaikan ada dua poin utama yang ia kritisi soal Formula E.

Pertama, ia menyoroti soal anggaran uang komitmen yang telah dibayarkan.

Ia menyebut tak ada transparansi soal anggaran ini kepada publik.

Baca juga: 4 Tahun Anies Pimpin Ibu Kota, Jakarta Bakal Gelar Balap Formula E pada 4 Juni 2022

Pasal ajang balap Formula E yang sedianya digelar di Kawasan Monas, Jakarta Pusat ini terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19.

Di mana, Pemprov DKI Jakarta diketahui telah membayarkan uang komitmen atau commitment fee Formula E sebesar 31 juta poundsterling atau Rp560 miliar pada 2019 dan 2020 lalu.

Rinciannya Rp360 miliar dibayarkan pada Desember 2019 untuk komitmen penyelenggaraan tahun 2020 dan Rp200 miliar dibayar pada tahun 2020 untuk komitmen penyelenggaraan tahun 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved