PON Papua

Sudah Hattrick Berikan Emas PON, Atlet Judo Ini Minta Pemprov Jawa Barat Perhatikan Masa Depannya

Billy Sugara (28), atlet cabang olahraga judo peraih tiga medali emas beruntun di ajang PON ini utarakan harapannya kepada Pemprov Jawa Barat.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Elga H Putra
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Billy Sugara atlet judo asal Bekasi yang berhasil meraih medali emas bersama istrinya yang juga atlet cabang olahraga angkat berat di ajang PON XX Papua untuk kontingen Jawa Barat. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Billy Sugara (28), atlet cabang olahraga judo peraih tiga medali emas beruntun di ajang PON berharap, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) perhatikan karir masa depannya.

Billy mengatakan, karir sebagai atlet tidaklah panjang.

Untuk itu, dia berharap, kedepan ada perhatian lebih dari Pemprov Jabar untuk kelangsungan karir para atlet berprestasi.

"Kalau harapan saya si buat pemerintah provinsi, ini kan PON ketiga saya dan udah emas ketiga, saya berharap dapat kerjaan yang layak, karena selama ini kan saya enggak kerja, cuma ngandelin bulanan dari KONI aja," kata Billy di Bekasi, Jumat (16/10/2021).

Billy mengaku, aktivitasnya selama menggeluti olahraga fokus latihan dan mengikuti kejuaraan.

Baca juga: Cerita Billy Sugara, Hattrick Raih Medali Emas PON Beruntun : Awalnya Coba-coba Geluti Olahraga Judo

Hal yang sama juga dilakukan istrinya yakni, Siti Khaironi atlet angkat berat peraih emas PON XX Papua.

Usia Billy saat ini sudah menginjak 28 tahun, dia tidak tahu karir atletnya masih berapa lama lagi.

Jika dilihat dari pengalaman, atlet judo biasanya pensiun di usai 34 atau 35 tahun ke atas.

Billy Sugara atlet asal Bekasi peraih tiga kali medali emas PON beruntun cabang olahraga judo.
Billy Sugara atlet asal Bekasi peraih tiga kali medali emas PON beruntun cabang olahraga judo. (TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar)

"Kalau untuk atlet judo mungkin bisa sampe 35 bisa terganggu kemampuan diri sendiri kaya kemarin senior saya umur udah 34 dia masih bisa main," ucapnya.

Hanya saja, hitung-hitungan usia pensiun tidak menjadi tolak ukur untuk menyiapkan karir jangka panjang.

Sebeb, sebagai atlet bela diri, risiko cidera bisa terjadi kapan saja sehingga berpotensi pada penurunan performa atau mamaksa pansiun dini.

"Atlet itukan enggak selamanya, sekarang kita masih bisa kan, kita enggak tahu dengan kondisi kita kaya gimana (kedepannya), saya kalau sudah punya kerjaan kan sudah punya pegangan, jadi gak khawatir lagi ketika kita pensiun," terang dia.

Menurut dia, saat ini merupakan momen yang tepat untuk meminta perhatian pemerintah. Sebab, prestasi yang sudah ditoreh Billy menjadi modal untuk pemerintah memberikan apresiasi.

Baca juga: Saling Lirik, Awal Mula Billy Bertemu Istri Hingga Jadi Pasangan Peraih Emas PON Papua Bagi Jabar

"Saya merasa saat ini momennya pas saya lagi di atas lagi diperhatikan jad kesempatan buat saya ntar kalau udah lama udah mungkin susah lagi karena momennya enggak ada," tuturnya.

Adapun Billy merupakan atlet judo peraih tiga kali medali emas betuntun di ajang PON 2012 Riau, PON 2016 Bandung Jawa Barat dan PON 2021 di Papua.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved