Breaking News:

Info Kesehatan

Kamu Rutin Minum Vitamin C? Cek Sederet Faktor yang Penting Dicermati

Namun konsumsi vitamin C ternyata bisa juga memicu berbagai gejala dan ketidaknyamanan di lambung.

Designed by Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Memasuki masa adaptasi kenormalan baru, vitamin C masih berperan penting dalam mendukung sistem imunitas.

Namun konsumsi vitamin C ternyata bisa juga memicu berbagai gejala dan ketidaknyamanan di lambung, khususnya bagi mereka yang memang memiliki kecenderungan gangguan asam lambung

Pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Ketua Indonesia Sport Nutritionists Association (ISNA), Nutrisionis Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, menjelaskan peran vitamin C sebagai zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan harus didatangkan dari luar. 

“Selain berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas. Pertama, memindahkan neutrofil (sel darah putih yang membantu melawan infeksi) ke jaringan yang terinfeksi sehingga infeksi segera bisa diatasi," tegasnya pada TribunJakarta, Senin (18/10/2021). 

Ilustrasi Vitamin C
Ilustrasi Vitamin C (bernerzeitung.ch)

Kemudian, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama untuk tubuh terinfeksi atau tidak. Ketiga, mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya.

Serta mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu. 

"Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C,” tegasnya.

Namun, ternyata konsumsi vitamin C harus tepat, juga tidak sembarang.

Alih-alih memperkuat imunitas, ternyata pada orang tertentu justru bisa memicu permasalahan lain, khususnya jika memiliki lambung yang sensitif. 

Pilih yang aman untuk lambung

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved