Breaking News:

Persiapan Menghadapi Banjir, Wagub DKI Berharap pada Proyek Waduk Pemerintah Pusat

Ariza memaparkan pembuatan waduk di wilayah penyangga sangat berpengaruh besar pada banjir di Jakarta. Sebab, Jakarta masuk ke dalam wilayah rendah.

Kolase Tribunnews / (Warta Kota/ Joko Supriyanto)
Banjir di Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk mengurangi dan mencegah terjadinya banjir yang kerap mengepung ibu kota pada musim hujan.

Di antaranya dengan pengerukan waduk danau hingga pembersihan drainase.

Namun, bagaimana dengan banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat yang kerap membuat warga Bantaran Kali Ciliwung menjadi korban?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya berharap pada beberapa waduk yang dibangjun pemerintah pusat guna mengurangi intensitas aliran air dari wilayah Bogor ke Jakarta.

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi, di kawasan wisata Ciawi dan Puncak, Kabupaten Bogor. Jum'at (15/12/2017). Waduk ini akan membendung Hulu Sungai Ciliwung, yang salah satu tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk mengendalikan banjir yang sering melanda wilayah DKI Jakarta. Dalam peninjauan ini Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPERA Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi, di kawasan wisata Ciawi dan Puncak, Kabupaten Bogor. Jum'at (15/12/2017). Waduk ini akan membendung Hulu Sungai Ciliwung, yang salah satu tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk mengendalikan banjir yang sering melanda wilayah DKI Jakarta. Dalam peninjauan ini Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPERA Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. (Biro Pers dan Media Setpres/Agus Suparto)

"Kami berharap di akhir tahun ini waduk yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat dalam tiga tahun terakhir ini bisa difungsikan. Seperti disampaikan pemerintah melalui Kementerian PUPR, InsyaAllah di akhir tahun ini Waduk di Ciawi dan Cimahi bisa difungsikan," kata Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Lokasi Titik Banjir di Jakarta Tak Bisa Diprediksi, Ini Pembelaan Anies Baswedan

"Kalau itu bisa difungsikan InsyaAllah akan terjadi pengurangan aliran air, dari Jawa Barat, Bogor dari Ciawi, mudah mudahan itu dapat mengurangi. Itu harapan kita," tambahnya.

Ariza memaparkan pembuatan waduk di wilayah penyangga sangat berpengaruh besar pada banjir di Jakarta. Sebab, Jakarta masuk ke dalam wilayah rendah.

Baca juga: 10 Masalah yang Buat Anies Baswedan Dapat Rapor Merah dari LBH, Mulai Banjir sampai Tempat Tinggal

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021).
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Menurutnya, upaya yang dilakukan Pemprov DKI untuk antisipasi banjir selama ini dengan pembuatan sumur resapan, menyiapkan drainase dan sebagainya bisa sejalan dengan hal yang dilakukan di wilayah penyangga.

"Memang perlu dibuat waduk-waduk seperti itu di daerah penyangga dan juga di daerah lain kami usulkan, karena memang Jakarta ini masuk ke daratan rendah. Dan, perlu dukungan dari semua pihak semua daerah sekitar termasuk masyarakat untuk juga memastikan lingkungannya bersih, rapi, tertata dan membantu kita semua, serta membersihkan selokan atau got," tandasnya.

Foto: Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021)

 
 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved