Breaking News:

Sebanyak 252 Pohon Ditebang Imbas Pembangunan MRT Jakarta di Glodok dan Kota

Sebanyak 252 pohon terpaksa ditebang imbas pekerjaan konstruksi MRT Jakarta fase 2A.MRT Jakarta mengklaim terus berkoordinasi Pemprov DKI Jakarta.

TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Suasana proses pembangunan proyek MRT Fase 2 CP-201 mencapai 16,5 persen, di Stasiun MRT Monas, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021). Sebanyak 252 pohon terpaksa ditebang imbas pekerjaan konstruksi MRT Jakarta fase 2A dengan cakupan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Sebanyak 252 pohon terpaksa ditebang imbas pekerjaan konstruksi MRT Jakarta fase 2A dengan cakupan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer.

Dari jumlah itu, sebanyak 139 pohon ditebang di dekat Stasiun Glodok dan 113 lainnya di Stasiun Kota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo mengatakan, pihaknya kini terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait proses penanaman kembali pohon yang terdampak proyek pembangunan MRT.

"Setiap pohon yang terdampak akan diganti dan direlokasi untuk ditanam kembali, serta dilestarikan demi pelestarian lingkungan yang berkelanjutan," ucapnya, Senin (18/10/2021).

Sesuai dengan izin yang telah diberikan Pemprov DKI Jakarta, penanganan pohon sudah mulai dilakukan PT MRT Jakarta.

Sebanyak 166 pohon terdampak pembangunan akan diganti, terdiri dari 116 pohon yang terdampak pembangunan Stasiun Glodok, serta 50 pohon terdampak pembangunan Stasiun Kota.

Baca juga: Mulai Hari Ini, MRT Jakarta Mulai Beroperasi Senin-Jumat Sejak Pukul 05.00 WIB

"Terdapat 1.660 pohon pengganti yang perlu ditanam kembali dengan spesifikasi yang telah ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Hingga 12 Oktober 2021, tercatat telah dilakukan penanaman kembali 473 pohon pengganti.

Baca juga: Amankan CCTV, Polisi Buru Pelaku Perusakan Minimarket Dekat MRT Blok A

Kemudian, sebanyak 86 pohon yang terdiri dari 23 pohon terdampak pembangunan Stasiun Glodok dan 63 terdampak pembangunan Stasiun Kota akan direlokasi.

Adapun, lokasi penanaman pohon dilakukan di Jalan Ciputat Raya, Jakarta Selatan pada lahan milik Pemprov DKI.

Penanaman juga dilakukan di lokasi lain yang akan ditentukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

"Kami senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan dan kelangsungan lingkungan dengan memastikan pekerjaan konstruksi yang dilakukan tetap mematuhi peraturan yang berlaku," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved