Breaking News:

Patungan Rp 10 Ribu, Warga Kampung Melayu Kini Punya Ambulans Sendiri

Kekompakan warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dalam upaya penanganan medis dengan pengadaan ambulans patut dicontoh.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Mobil ambulans milik warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang pengadaannya dilakukan secara swadaya di Jakarta Timur, Rabu (20/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kekompakan warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dalam upaya penanganan medis dengan pengadaan ambulans patut dicontoh.

Secara swadaya, warga dari sembilan RW di Kelurahan Kampung Melayu urunan untuk membeli mobil jenis Daihatsu Grand Max untuk evakuasi bila warga yang sakit ke Rumah Sakit (RS).

Ketua Badan Pengelola Ambuluans Kelurahan Kampung Melayu, Syamsudin mengatakan pengadaan ambulans gratis untuk warga yang hari ini diresmikan dilatarbelakangi kasus Covid-19.

Pada bulan Juni-Juli 2021 banyak warga Kampung Melayu terkonfirmasi Covid-19 sehingga harus dievakuasi ke RS rujukan, tapi keterbatasan armada ambulans pemerintah dan RS jadi kendala.

"Banyak orang yang masuk rumah sakit dan meninggal dunia, maka kita terinisiasi dan bekerja sama dengan Yayasan Bangun Anak Jakarta, berkolaborasi," kata Syamsudin di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (20/10/2021).

Mobil ambulans milik warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang pengadaannya dilakukan secara swadaya di Jakarta Timur, Rabu (20/10/2021)
Mobil ambulans milik warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang pengadaannya dilakukan secara swadaya di Jakarta Timur, Rabu (20/10/2021) (ISTIMEWA)

Saat awal ide urunan muncul para pengusaha RT/RW berembuk, hasilnya muncul kesepakatan masing-masing warga menyumbangkan uang sebesar Rp 10 ribu rupiah.

Dalam waktu empat bulan terhitung Juni-September terkumpul uang sebesar Rp 170 juta yang digunakan untuk pengadaan ambulans.

Baca juga: Mesin Presensi Pegawai Minimarket di Kampung Melayu Terbakar

Ambulans ini pun tidak hanya untuk keperluan pasien Covid-19.

"Kita juga konsultasi kepada warga dan ternyata mereka sangat setuju. Hanya Rp 10 ribu sekali, cukup sekali (bayar). Per jiwa Rp 10 ribu," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved