Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Hari Pertama Dibuka, Hutan Kota Munjul Sepi Pengunjung

Hutan Kota Munjul di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur tampak sepi pada hari pertama pembukaannya

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Bima Putra / Tribun Jakarta
Tampak Hutan Kota Munjul di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu (23/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Hutan Kota Munjul di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur tampak sepi pada hari pertama pembukaannya, Sabtu (23/10/2021).

Hingga pukul 12.30 WIB, hanya segelintir pengunjung atau tidak lebih dari 20 orang mendatangi Hutan Kota Munjul yang berlokasi di Gang Kamboja RT 4 RW 2 Kelurahan Munjul.

Untuk masuk ke Hutan Kota Munjul, warga harus mematuhi protokol kesehatan serta menunjukkan bukti sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi, minimal dosis satu.

Bukti vaksin tersebut ditunjukkan kepada petugas pengamanan dalam (Pamdal) Hutan Kota Munjul yang berjaga selamanya jam operasional, yakni dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Untuk pengunjung dibatasi hanya 250 orang. Tapi itu juga biasanya tidak sampai 100 orang sebelum pandemi," kata Pamdal Hutan Kota Munjul Nur M. Iman di Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021).

Meski untuk sekarang belum diberlakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk pengunjung Hutan Kota Munjul, nantinya langkah tersebut bakal dilakukan.

Tujuannya untuk memantau jumlah pengunjung yang berada di Hutan Kota Munjul agar tidak melebihi kapasitas dan terjadi kerumunan yang memicu penularan Covid-19 meluas.

Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur pada Sabtu (23/10/2021)
Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur pada Sabtu (23/10/2021) (Bima Putra / Tribun Jakarta)

Baca juga: Kebun Binatang Ragunan Mulai Buka Hari Ini, Ganjil Genap Kendaraan Roda 4 Diberlakukan

"Ke depannya juga akan digunakan barcode. Jadi pengunjung yang masuk harus scan dahulu. Begitu juga ketika mau keluar harus scan lagi karena ini terhubung dengan Balaikota," ujar Iman.

Pada Hutan Kota Munjul sendiri pengunjung dapat menikmati suasana sejuk hutan yang ditumbuhi berbagai pepohonan rindang, baik untuk sekedar duduk-duduk atau berjalan kaki.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta membuka ruang terbuka hijau (RTH) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dengan penerapan protokol kesehatan.

Total ada 59 RTH termasuk taman, hutan, Taman Margasatwa Ragunan, dan kebun bibit yang kembali dibuka untuk pengunjung yang sebelumnya ditutup guna mencegah penularan Covid-19.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved