Breaking News:

Kebun Anggur di Gang Warga Munjul Bakal jadi Kampung Agrowisata

Hingga kini, terdapat 15 kebun anggur di permukiman warga RW 06 yang tersebar di beberapa gang RT, Masing-masing kebun memiliki 30 varietas anggur.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kebun anggur di permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung yang bakal dijadikan sebagai destinasi agrowisata, Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Pemkot Jakarta Timur bakal menjadikan kebun anggur di gang-gang permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung sebagai destinasi kampung agrowisata.

Sekretaris Kota Jakarta Timur Fredy Setiawan mengatakan pihaknya bakal menyiapkan seluruh sarana dan prasarana agar kebun anggur yang digarap warga RW 06 bisa jadi tempat wisata.

"Terntu tidak hanya sarana dan prasarana saja yang diperlukan. Tapi juga infrastuktur yang lain, dan ini melibatkan seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah)," kata Fredy di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021).

Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur sudah mendukung kegiatan warga saat kali pertama memulai budidaya kebun anggur pada September 2020.

Di antaranya dengan memberi pendampingan cara budidaya anggur hingga memberi bantuan pupuk kepada warga sehingga kini anggur sudah dapat dipanen lalu dijual.

Baca juga: Cerita Kusmanadi Kembangkan Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi, Kini Buka 6 Gerai Baru

"Mulai dari pembinaan, pendampingan, sampai dengan pemasaran kita harus ikut. Kita juga ajak kolaborasi pihak lain jadi tidak hanya pemerintah saja, tapi kita juga mengajak pihak swasta," ujarnya.

Hingga kini, terdapat 15 kebun anggur di permukiman warga RW 06 yang tersebar di beberapa gang RT, Masing-masing kebun memiliki 30 varietas anggur.

Selain dari Sudin KPKP Jakarta Timur, para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mendapat pembinaan dari Komunitas Anggur Jakarta terkait cara budidaya anggur.

Baca juga: Pejabat Pemkot Jakarta Timur dan Dubes Ukraina Panen Anggur di Kebun Warga Munjul

Kebun anggur di permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung yang bakal dijadikan sebagai destinasi agrowisata, Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021).
Kebun anggur di permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung yang bakal dijadikan sebagai destinasi agrowisata, Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Plt Kasudin KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin menuturkan budidaya anggur dilakukan secara urban farming hingga kini terdapat di lima lokasi, di antaranya Kecamatan Duren Sawit, Cipayung, dan Jatinegara.

"Secara visual ini sudah jadi agrowisata. Jadi masyarakat bisa datang ke sini , belajar di sini menanam anggur dan lihat hasilnya. Sudah jadi sebetulnya, tinggal bagaiamana kita mengemasnya lebih menarik lagi," tutur Ali.

Baca juga: Asyiknya Makan Sambil Piknik di Samping Rudal, Alternatif Wisata Kuliner Seru di Tengah Kota Jakarta

Pihaknya optimis kebun anggur di RW 06 Kelurahan Munjul jadi kampung agrowisata karena berdekatan dengan lokasi agrowisata lain di wilayah Kecamatan Cipayung.

Diharapkan dengan dijadikannya kebun anggur di permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul sebagai kampung agrowisata maka perekonomian warga sekitar bakal meningkat.

"Untuk olahan, bahwa olahan dari anggur dalam bentuk sirup itu kita yang akan urus ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Akan kita fasilitasi sehingga masyarakat cukup membuat produk kita yang ke sana," lanjut Ali.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved