Reuni 212

Bus Berisi Massa Peserta Aksi Reuni 212 Menuju Jakarta Diputar Balik di Bekasi 

Bus berisi massa peserta aksi Reuni 212 menuju Jakarta diputarbalik di Gerbang Tol Bekasi Barat oleh personel Polres Metro Bekasi Kota.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Elga H Putra
istimewa/Satlantas Polres Bekasi Kota
Personel kepolisian melakukan penyekatan massa Reuni 212 di GT Bekasi Barat, Kamis (2/12/2021).  

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Bus berisi massa peserta aksi Reuni 212 menuju Jakarta diputarbalik di Gerbang Tol Bekasi Barat oleh personel Polres Metro Bekasi Kota, Kamis (2/12/2021). 

Sejauh ini baru satu bus berisi peserta aksi Reuni 212 yang diputarbalikan oleh polisi.

Adapun polisi melakukan penyekatan di GT Bekasi Barat guna mengantisipasi mobilisasi massa peserta aksi berkumpul di Jakarta. 

"Mau ke arah Jakarta diputarbalikan untuk kembali lagi ke poolnya supaya tidak jadi ke Jakarta," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Agung Pitoyo. 

Dia menjelaskan, saat memberhentikan bus berisi rombongan peserta aksi Reuni 212 mereka langsung ditanya maksud dan tujuan melakukan perjalanan. 

Baca juga: Perempatan Thamrin Sempat Dipenuhi Emak-emak Aksi 212, Polisi Imbau Bubarkan Diri

Saat ditanya petugas, mereka terindikasi hendak mengikuti aksi di Jakarta yang berpusat di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan sekitaran Monas. 

"Busnya ada penumpangnya, satu bus kita temukan di pos penyekatan Tol Bekasi Barat, anggota meminta putar balik dan dikawal sampai poolnya," tegasnya. 

Polres Metro Bekasi Kota melakukan pendekatan di sembilan titik akses menuju Jakarta, hal ini dilakukan dalam upaya mencegah pergerakan massa Reuni 212. 

Personel kepolisian melakukan penyekatan massa Reuni 212 di GT Bekasi Barat, Kamis (2/12/2021). 
Personel kepolisian melakukan penyekatan massa Reuni 212 di GT Bekasi Barat, Kamis (2/12/2021).  (istimewa/Satlantas Polres Bekasi Kota))

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Polisi Aloysius Suprijadi mengatakan, hingga menjelang siang situasi pergerakan massa Reuni 212 terbilang landai. 

"Kita lakukan penyekatan di beberapa titik masih normal dan masyarakat Kota Bekasi tidak berangkat dan kemarin juga kita sudah menghimbau, yang mana Reuni 212 ini tidak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya sehingga tidak bisa dilakukan," kata Aloysius, Kamis (2/12/2021). 

Dia menjelaskan, penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi massa agar tidak berangkat ke Jakarta. 

Jika ditemukan massa melakukan pergerakan, pihaknya akan langsung melakukan imbauan agar putar balik. 

"Karena kita sadari bahwasanya masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Supaya tidak terjadi kerumunan massa di wilayah DKI Jakarta," jelasnya. 

Baca juga: Massa Reuni 212 Tak Terlihat di Pos Penyekatan Pasar Jumat, Polisi: Tidak Pakai Atribut Mencolok

Aloysius menambahkan, penyekatan di sembilan titik akses jalan menuju Jakarta sudah dilakukan sejak tadi malam. 

"Dari tadi malam, pukul 12.00 WIB Polres Metro Bekasi Kota melakukan penyekatan untuk melarang massa untuk berangkat ke Jakarta melakukan Reuni 212," terangnya. 

Adapun sembilan titik yang dimaksud yakni, Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat, GT Bekasi Timur, Jatiasih, akes Jalan Jatibening, Harapan Indah, Sumber Artha di Jalan KH Noer Ali, Sasak Jarang Bulak Kapal dan Tomyang di Kalimalang.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved