Breaking News:

Jakarta Dikepung Banjir

Jalan R. E. Martadinata Rawan Tergenang, SDA Pademangan Bikin Kolam Olakan hingga Tinggikan Turap

Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pademangan membikin sebuah kolam olakan di Jalan R. E. Martadinata, Kelurahan Ancol, Pademangan.

Dok. Satpel SDA Kecamatan Pademangan
Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pademangan membikin sebuah kolam olakan di Jalan R. E. Martadinata, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pademangan membikin sebuah kolam olakan di Jalan R. E. Martadinata, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan.

Kolam olakan tersebut berfungsi sebagai kolam retensi yang nantinya bisa menampung volume air berlebih sementara waktu.

"Sebagai kolam retensi atau kolam penampung yang bersifat sementara, fungsinya sebagai resapan air di kawasan sekitarnya sebelum dialirkan ke saluran eksisting yang ada," kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Pademangan, Slamet Riyanto, Kamis (2/12/2021).

Pembangunan kolam olakan ini ditargetkan selesai pada minggu kedua Desember 2021.

12 personel Satpel SDA Kecamatan Pademangan dikerahkan dalam pembangunannya.

Baca juga: Sumur Resapan Disebut Tak Efektif, Dinas SDA DKI: Tergantung Melihatnya dari Sudut Pandang Mana

"Kolam olakan tersebut mempunyai lebar 3 meter dan panjang 4 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Pengerjaannya sudah dilakukan sejak 25 November lalu, untuk target selesai diperkirakan minggu kedua bulan Desember 2021 ini," jelas Slamet.

Slamet berharap pembuatan kolam olakan tersebut dapat mengatasi genangan di Jalan R. E. Martadinata yang selama ini menjadi permasalahan.

Jalan R. E. Martadinata di dekat Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, tergenang akibat hujan deras pada Sabtu (29/5/2021) sore.
Jalan R. E. Martadinata di dekat Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, tergenang akibat hujan deras  (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

"Selain itu, kami juga melakukan peninggian turap Kali Lodan sepanjang 11 meter. Tujuannya untuk menanggulangi genangan yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi ataupun rob," tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved