Breaking News:

Sebut Dakwaan JPU Ada yang Keliru, Munarman Akan Buat Eksepsi Sendiri pada Sidang Lanjutan

Munarman menilai pada dakwaan JPU yang hari ini dibacakan JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Timur terdapat kekeliruan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
ISTIMEWA
Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman dilaporkan ke Polda Metro Jaya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman, bakal mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara dugaan tindak pidana terorisme.

Munarman menilai pada dakwaan JPU yang hari ini dibacakan JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Timur terdapat kekeliruan, sehingga pada sidang lanjutan Rabu (15/12/2021) menyampaikan eksepsi.

"Saya pribadi akan mengajukan eksepsi karena banyak sekali kesalahan-kesalahan baik kesalahan ketik maupun kesalahan istilah di dalam dakwaan," kata Mumarman, Rabu (8/12/2021).

Munarman menuturkan tidak memahami isi dakwaan JPU karena banyak intonasi, penggalan kalimat, dan pengucapan tak tepat sehingga bakal dibantah pada sidang lanjutan pekan depan.

Dalam sidang hari ini JPU membacakan dakwaan setebal 65 halaman, mereka menyatakan Munarman melanggar pasal 14, 15, dan 13 UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"Setelah mendengarkan dakwaan jaksa penuntut umum membacakan saya makin tidak mengerti karena intonasi dan penggalan-penggalan kalimat serta kata-katanya serta pengucapan dari berbagai macam istilah tadi sangat tidak tepat jadi saya akan ajukan eksepsi nanti secara lengkap begitu majelis hakim Yang Mulia," ujarnya.

Anggota tim kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, menuturkan, pada sidang pekan depan, Munarman bakal membuat eksepsi sendiri dan membacakan langsung di ruang sidang.

Baca juga: Munarman Didakwa Gerakan Orang Lakukan Tindak Pidana Terorisme Terafiliasi ISIS

Tidak hanya Munarman tim penasihat hukum juga menyatakan bakal membuat eksepsi sendiri, artinya pada sidang pekan depan baik Munarman dan tim penasihat hukum menyampaikan eksepsi.

"Kita akan tanggapi dakwaan JPU dipersidangan berikutnya melalui mekanisme hukum yakni eksepsi. Eksepsi dari Pak Haji Munarman kemudian baru dari kita pihak kuasa hukum akan menanggapinya," tutur Aziz.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved