Formula E

Resmi, Taman Impian Jaya Ancol Dipilih Jadi Sirkuit Formula E

Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ditetapkan jadi lokasi sirkuit Formula E.

Kolase Tribun Manado
Ajang Formula E dijadwalkan digelar di Jakarta pada 2022 - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ditetapkan jadi lokasi sirkuit Formula E. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ditetapkan menjadi lokasi sirkuit Formula E.

Setelah mengerucut menjadi dua opsi lokasi sirkuit, yakni di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, kini pihak penyelenggara Formula E resmi mengumumkan lokasi sirkuit.

"Baru tadi pagi diberikan approval (persetujuan) sirkuit penyelenggaraan Formula E adalah di Ancol," jelas Ketua Pelaksana Formula E sekaligus Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni  di Ancol, Rabu (22/12/2021).

Lamanya penentuan sirkuit dikatakan Sahroni lantaran harus melalui beberapa tahapan termasuk adanya survei dari pihak FIA maupun FEO.

Kendati begitu, ia memastikan bila dari lima alternatif lokasi yang diberikan, semuanya bagus.

Baca juga: Resmi, Taman Impian Jaya Ancol Dipilih Jadi Sirkuit Formula E

Namun, Ancol menjadi lokasi yang disetujui untuk venue atau sirkuit Formula E.

"Lokasi yang sudah banyak beredar di 5 lokasi bagus- bagus, karena punya sejarah. Limanya limanya mendominasi. Kenapa lama pengumuman venue? kalau saya yang memutuskan regulasi balap dari kemarin pas saya ditunjuk sebagai ketua OC saya langsung umumin. Cuma ini harus menunggu approval FEO dan FIA, maka dua lembaga tersebut mengkaji dua tempat yangsudah ada," ungkapnya.

Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni kala diwawancara awak media di Balai Kota DKI, Senin (29/11/2021).
Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni kala diwawancara awak media di Balai Kota DKI, Senin (29/11/2021). (Nur Indah Farrah Audina / Tribun Jakarta)

Sebelumnya, teka-teki soal lokasi sirkuit atau lintasan balap Formula E mulai menemui titik terang.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan, lokasi sirkuit Formula E kini sudah mengerucut menjadi hanya dua opsi saja.

Dua opsi tersebut ialah di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, ada lima lokasi alternatif sirkuit Formula E. Selain Ancol dan JIExpo, tiga opsi lainnya ialah kawasan Jalan Sudirman, Jakarta International Stadium (JIS), dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Logo Formula E
Logo Formula E (fiaformulae.com)

"Salah satu yang mau kami giatkan di Ancol, ada beberapa juga di JIExpo. Itu masih buka kemungkinan itu nanti mengerucutnya," ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (20/12/2021).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menjelaskan, opsi mengerucut ke dua alternatif lokasi itu berdasarkan hasil diskusi bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Formula E Operation (FEO).

Pembahasan terkait penentuan lokasi balap mobil bertenaga listrik ini akan terus dilanjutkan sehingga bisa diumumkan dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Sirkuit Formula E Tak Kunjung Ditetapkan, Sahroni Angkat Bicara, Singgung Lamanya Kajian

"Malam ini atau besok kita rapatkan lagi, mungkin tanggal 22 Desember langsung kami umumkan," ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved