Antisipasi Virus Corona di DKI

Suspek Omicron di Krukut Transmisi Lokal, Dinkes DKI: Gejala Ringan Tapi Menular

Dinas Kesehatan DKI Jakarta pastikan kasus suspek Omicron di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat sebagai transmisi lokal.

freepik
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Dinas Kesehatan DKI Jakarta pastikan kasus suspek omicron di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat sebagai transmisi lokal. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Kesehatan DKI Jakarta pastikan kasus suspek Omicron di Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat sebagai transmisi lokal.

Hal ini diungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia.

Ia mengatakan suspek Omicron dari warga berisial R ini memang tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Ini transmisi lokal karena berawal dari kasus yang pertama diketahui tidak mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri, berarti transmisi lokal," katanya kepada awak media, Senin (10/1/2022).

Berdasar penuturan Dwi, pasien suspek Omicron ini sempat berpergian bersama tetangganya di sekitaran rumahnya, yakni di RT 10 RW 02 Kelurahan Krukut pada awal Desember 2021 lalu.

Baca juga: Tracing Massal Ketiga di Krukut, Kasus Positif Covid-19 Bertambah 10 Orang

"Ya awal Desember ibu R ini berserta tetangga lingkungan di sekitar rumah di RT tersebut memang berpergian bersama diawal Desember. Walaupun mulai sakitnya ibu R ini dari Minggu terakhirlah ya mulai ada keluhan," lanjutnya.

Namun, kata Dwi, lantaran gejala pada varian Omicron yang ringan membuat R tak menyadari hal tersebut.

Bahkan, membuatnya tak menyadari sumber penularannya dan menjadikan dirinya suspek Omicron pertama di lingkungan tersebut.

Baca juga: 6 Warga Depok Terpapar Omicron, Wali Kota Beri Penjelasan

"Tapi bisa jadi ibu R ini ketularannya dari orang lain yang tidak diketahui, karena mungkin gejalanya ringan jadi tidak disadari sumber penularannya. karena kalau omicron kan gejala mayoritasnya ringan, gak menyadari," ungkapnya.

Berangkat dari hal ini, Dinkes DKI mengimbau masyarakat untuk saling mengingatkan untuk mengedepankan protokol kesehatan.

"Itu susahnya Omicron, gak ngeh bahwa dia Covid, kalau kebetulan Omicron gejalanya relatif kelihatan orang orang yang Omicron ringan sekali gejalanya. Sehingga tidak disadari, itu tantangan kita sama-sama untuk ingetin orang pakai masker, jaga jarak, karena Omicron gejalanya ringan tapi bisa nularin," pungkasnya.

Penjelasan Lurah Krukut

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo memberikan bantuan secara simbolis kepada Lurah Krukut, Ilham Nurkarin di Kantor Lurah Krukut, Jakarta Barat pada Senin (10/1/2022).
Kapolres Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo memberikan bantuan secara simbolis kepada Lurah Krukut, Ilham Nurkarin di Kantor Lurah Krukut, Jakarta Barat pada Senin (10/1/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

Satu warga Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat terkonfirmasi suspek varian omicron.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved