Imlek 2022

Kemeriahan Imlek di Kawasan Proyek Bekasi, Anak-anak Berebut Angpau di Kelenteng Hok Lay Kiong 

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, sejumlah agenda kerap digelar seperti pertunjukan seni barongsai, musik dan pesta kembang api.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Suasana kemeriahan Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi saat perayaan Imlek 2573, sejumlah anak kecil menunggu berharap mendapatkan angpau, Selasa (1/2/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Ornamen lampion merah berjajar di langit-langit Gang Kenari 1, Jalan Mayor Oking, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (1/1/2022). 

Hilir mudik kendaraan keluar masuk gang yang berada di tengah-tengah kawasan pecinan di Kota Bekasi. 

Warga Bekasi biasa menyebut daerah ini dengan nama Proyek Bekasi, selain berdiri bangunan ruko pusat niaga, terdapat pemukiman penduduk keturunan tionghoa di lokasi ini. 

Warga keturunan Tionghoa sudah sangat lama mendiami kawasan ini, hal ini merujuk keberadaan Kelenteng Hok Lay Kiong yang disebut sudah ada sejak ratusan tahun silam. 

Baca juga: Kunjungi Vihara Hian Thian Siang Tee Bio, Anies Malah Diberi Cangkir untuk Ngopi dan Ngeteh

Baca juga: Kemerahan Ahok Rayakan Imlek Bersama Keluarga, Ini 4 Harapan BTP di Tahun Macan

"Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua dan satu-satunya kelenteng di Kota Bekasi," kata Ronny Hermawan selaku Ketua Yayasan Pancaran Tridharma yang mengelola Hok Lay Kiong. 

Pada saat perayaan Imlek, Kelenteng Hok Lay Kiong menjadi pusat kegiatan warga etnis tionghoa. Mereka datang melakukan sembahyang serta ritual budaya lainnya. 

Sebelum pandemi melanda, sejumlah agenda kerap digelar seperti pertunjukan seni barongsai, musik dan pesta kembang api. 

Baca juga: Maki-maki Driver Ojol Karena Kelewat 4 Rumah, Permintaan Maaf Ibu HJ Bikin Kesal: Mari Koreksi Diri

Namun sekitar dua tahun ini, kegiatan imlek berlangsung senderhana tanpa menggelar kegiatan yang dapat mengundang kerumunan warga. 

Meski begitu, suasana kemeriahan imlek tetap terasa di tahun ini. Kelenteng Hok Lay Kiong bersolek dengan ornamen ratusan lampion dan lilin. 

Budaya bagi-bagi angpau juga tidak bisa dilewati, hal ini yang sangat ditunggu-tunggu warga baik etnis tionghoa atau anak-anak kecil yang antusias yang dari pagi menunggu di bibir pintu kelenteng. 

Menurut keterangan penjaga kelenteng, anak-anak kecil datang dari berbagai tempat di Bekasi, mereka sudah hampir saban tahun datang saat perayaan imlek. 

TribunJakarta.com sempat melihat keriuhan saat anak-anak kecil tersebut tampak beringas melihat seorang warga hendak bagi-bagi angpao. 

"Koh angpao koh," ucap anak-anak kecil yang berusaha mendekati warga keturunan tionghoa yang hendak bagi-bagi angpao. 

Baca juga: Lagi, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid Gagal Tampil di JIS, Ini Penyebabnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved