Ramadan 2022

MUI Bekasi Bolehkan Warteg dan Restoran Buka selama Ramadan Asal Pasang Gorden 

Dia menjelaskan, kegiatan usaha merupakan bagian penting yang tidak boleh dihalang-halangi. Terlebih, di tengah situasi pandemi Covid-19

TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Warteg yang jadi sasaran pencurian di Jalan Masjid Darul Falah, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengimbau, tempat-tempat usaha restoran dan rumah makan menggunakan gorden penutup saat siang hari di bulan suci Ramadan. 

Hal ini disampaikan Sekretaris MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu, dia mengatakan, kegiatan usaha seperti restoran dan rumah makan tetap beroperasi selama bulan suci. 

Hanya saja, pemilik restoran atau rumah makan patut melakukan upaya-upaya menjaga toleransi salah satunya, menutup pintu kaca atau jendela di siang hari untuk menghormati umat muslim yang berpuasa. 

"Silahkan saja mereka itu dagang, dengan catatan itu dikasih apa itu, gorden," kata Hasnul kepada wartawan, Senin (28/3/2022). 

Baca juga: Hapus Tato Gratis selama Ramadan Digelar di 5 Kantor Walkot hingga di Lapas Pondok Bambu

Dia menjelaskan, kegiatan usaha merupakan bagian penting yang tidak boleh dihalang-halangi. Terlebih, di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

"Rumah makan , warteg, dan lain-lain untuk tetap menghormati bulan suci Ramadan, kalau kita tutup ya kasihan, ini kan Covid-19, mereka nggak punya duit kalau tutup," ucapnya. 

Ilustrasi.
Ilustrasi. (VideoHive)

MUI Kota Bekasi lanjut dia, telah membuat surat edaran berisi imbau bagi seluruh umat Islam di wilayah setempat. 

Terdapat tujuh poin imbauan di antaranya, umat Islam menyambut Ramadan dengan kegembiraan, sebagai bentuk rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. 

Umat Islam juga diimbau memperbanyak doa, untuk menggapai kemuliaan malam Lailatul Qadar. Perbanyak istighfar serta bersedekah. 

Mengajak umat islam di Kota Bekasi untuk menguatkan Ukhwah Islamiyah, menjalankan amr ma'ruf nahi munkar dengan peran dan fungsi masing-masing. 

Baca juga: Ini Pernyataan Presiden Jokowi Soal Masyarakat Boleh Mudik Lebaran Asal Sudah Vaksinasi Booster

Baca juga: Patroli Jelang Ramadan, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Amankan 3.171 Botol Miras

Merujuk pada sebaran Covid-19 yang mulai mereda, umat islam dibolehkan melakukan kegiatan ibadah berjemaah di masjid dan musala. 

Tidak lupa, umat islam di Kota Bekasi senantiasa mendukung program vaksinasi khususnya lansia sebagai ikhtiar memutus rantai penyebaran Covid-19.

 


Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved