Aksi Rasis dan Seksisme Nodai IYC 2021 di JIS, Wagub Ariza Minta Penonton Jaga Etika dan Tata Krama

Gelaran International Youth Championship (IYC) 2021 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) sudah menyelesaikan seluruh pertandingan grup.

(Instagram @jakintstadium)
Jakarta International Stadium (JIS) - Gelaran International Youth Championship (IYC) 2021 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) sudah menyelesaikan seluruh pertandingan grup. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gelaran International Youth Championship (IYC) 2021 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) sudah menyelesaikan seluruh pertandingan grup.

Tersisa laga puncak dan perebutan juara ketiga yang akan dilaksanakan 19 April 2022 besok.

Walau secara umum turnamen tersebut berjalan lancar, IYC 2021 sempat dinodai aksi rasis dan seksisme.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun bereaksi soal aksi tidak terpuji ini, ia pun meminta seluruh penonton menjaga etikanya.

Terlebih, turnamen ini turut mengundang dua klub raksasa asal Spanyol, yaitu Atletico Madrid U-18 dan Barcelona U-18.

Baca juga: Bali United Ogah Jadi Lumbung Gol di IYC, Lawan Atletico Madrid Bakal Jadi Pembuktian Pemainnya

"Jangan ada kegiatan-kegiatan yang tidak baik di situ, termasuk bagi suporter atau penonton acara apapun itu agar dapat menghormati dan menjaga etika dan tata krama," ucapnya di Balai Kota, Senin (18/4/2022).

Orang nomor dua di DKI ini pun berharap, tak ada lagi tindakan rasis dan seksisme yang dilakukan di JIS.

Laga Indonesia All Star versus Barcelona Junior di JIS.
Laga Indonesia All Star versus Barcelona Junior di JIS. (Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com)

Terlebih, stadion yang terletak di kawasan Jakarta Utara itu kini menjadi ikon baru ibu kota.

"JIS itu dibangun dan dibuat sebagai tempat bertaraf internasional menjadi kebanggaan kita. Kita sudah melihat langsung dan menyaksikan pertandingan di situ itu sangat membanggakan," tuturnya.

Dilansir dari Kompas.tv, tingkah laku suporter saat menonton perhelatan International Youth Championship 2021 tengah menjadi sorotan.

Panitia International Youth Championship (IYC) 2021 akan memberikan sanksi bagi suporter yang rasis dan seksis ketika menonton pertandingan di Jakarta International Stadium.

Baca juga: Juara Liga 1 Kalah Beruntun di IYC, Pelatih Bali United Ungkap Kehebatan Tim Lawan yang Dihadapi

Beberapa suporter tampak melontarkan kata-kata tidak pantas kepada petugas medis wanita yang melakukan perawatan kepada salah satu pemain Bali United U-18 bertemu Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium pada Selasa (12/4/2022) sore WIB.

Lalu kata-kata tidak pantas itu berlanjut di media sosial. Kemudian, kejadian serupa terulang saat pertandingan antara Indonesia All Star U20 dan Bali United U18 pada Jumat (15/4/2022).

Dikutip dari Kompas.com, sebagian suporter melakukan siulan ketika petugas medis wanita Bali United masuk ke lapangan.

Akibatnya, panita pelaksana IYC mengambil sikap terkait aksi tidak pantas dan seksisme di Stadion JIS.

“Terkait dengan kejadian rasialisme dan seksisme yang terjadi pada pertandingan International Youth Championship yang sudah terlaksana sejak 13 April 2022, Organizing Committee international Youth Championship sangat menyesalkan kejadian tersebut,” jelas keterangan resmi IYC di akun Instagram.

Suasana pertandingan IYC 2021 di Jakarta International Stadium dari tribun media, Rabu (13/4/2022).
Suasana pertandingan IYC 2021 di Jakarta International Stadium dari tribun media, Rabu (13/4/2022). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

“Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Commitee telah mengimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasialisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” lanjut pernyataan itu.

Oleh sebab itu, panitia pelaksana IYC bakal memberikan sanksi kepada suporter yang tetap melakukan sikap kurang terpuji tersebut saat menonton pertandingan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved