Lebaran 2022

Ramai Pemudik, Volume Kendaraan di Kalimalang Meningkat 30 Persen

Volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang Jakarta Timur meningkat pada H-5 Idulfitri 1443 Hijriah imbas banyak warga yang melakukan perjalanan mudik.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Suasana arus mudik Lebaran 2022 di Jalan KH Noer Ali Kalimalang simpang BCP Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022) malam. Volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur meningkat pada H-5 Idulfitri 1443 Hijriah imbas banyak warga yang melakukan perjalanan mudik. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur meningkat pada H-5 Idulfitri 1443 Hijriah imbas banyak warga yang melakukan perjalanan mudik.

Kepala Pos Pengamanan Pelayanan Mudik Polsek Duren Sawit, Ipda Junaedi Effendi mengatakan volume kendaraan meningkat sekitar 25-30 persen karena jumlah pemudik yang melintas semakin banyak.

"Dibandingkan dengan kemarin ada peningkatan. Kalau menurut perkiraan saya hari ini sudah mencapai 25-30 persen peningkatannya," kata Junaedi di Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022).

Kebanyakan pemudik merupakan pengendara sepeda motor yang teridentifikasi karena membawa banyak barang bawaan di kendaraan mereka menuju Jalur Pantura.

Mereka umumnya mulai melakukan perjalanan ke kampung halamannya pada malam hari selepas berbuka puasa guna menghindari lelah karena dampak terik sinar matahari.

Baca juga: Pengiriman Narkoba Manfaatkan Momen Mudik, Siap-siap Anjing Pelacak Endus Barang Bawaan Pemudik

"Pemudik lebih banyak start-nya itu malam. Habis salat Isya lah, atau habis salat Tarawih. Kalau sore didominasi warga yang berdomisili di Jakarta, terutama yang pulang kerja," ujarnya.

Diprediksi volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang yang dikenal sebagai satu akses pemudik menuju Jalur Pantura akan meningkat hingga mendekati hari raya Idulfitri 1443 nanti.

Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022).
Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Junaedi menuturkan pihaknya bakal melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, tepatnya di Pangkalan Jati bila volume kendaraan yang melintas sudah dianggap membeludak.

"Bilamana ada arus lalu lintas padat atau mungkin nanti kita belokkan ke kiri, Pondok Bambu, terus ke Jalan I Gusti Ngurah Rai nantinya tembus ke Bintara dan lanjut ke Bekasi," tuturnya.

H-5 Lebaran, Alasan Pemudik Motor Pilih Perjalanan via Kalimalang Bekasi Malam Hari

Arus mudik H-5 jelang lebaran mulai terlihat di Kota Bekasi, sejumlah pemudik memilih lakukan perjalanan di malam hari untuk mengantisipasi terik matahari, Rabu (27/4/2022). 

Hal ini dikatakan Suparmin, pemudik asal Jakarta yang hendak melakukan perjalanan menuju Solo, Jawa Tengah ini memilih lakukan perjalanan di malam hari agar puasanya tidak batal. 

"Berangkat tadi setelah buka puasa, takut panas aja kalau siang, biar enggak batal puasanya," kata Suparmin di Bekasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved