Lebaran 2022

Berpengalaman Puluhan Tahun, Bos Muda PO Haryanto Akui Jumlah Pemudik Tahun Ini Cetak Sejarah

Bos muda PO Haryanto, Rian Mahendra mengakui bahwa jumlah pemudik di momen Lebaran tahun 2022 ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Yogi Jakarta
Warta Kota/Instagram Rian Mahendra
Kolase foto kemacetan kendaraan pemudik di Tol Jakarta-Cikampek (kiri) dan Direktur Operasional PO Haryanto, Rian Mahendra (kanan). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bos muda PO Haryanto, Rian Mahendra mengakui bahwa jumlah pemudik di momen Lebaran tahun 2022 ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah.

Diketahui, usai dua tahun dilarang mudik karena pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat mudik di tahun 2022 ini.

Hal ini tentu dimanfaatkan oleh masyarajat yang sudah tak sabar ingin melepas kerinduan di kampung halaman.

Tak ayal antrean kendaraan para pemudik terjadi di sejumlah titik.

Yang terparah tentu berada di Tol Trans Jawa yang menghubungkan pemudik menuju sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta maupun sampai Jawa Timur dan Bali.

Baca juga: Sehari Jelang Idul Fitri, Tol Cikampek KM 50-57 Lengang, Waktu Istirahat di Rest Area Diperlonggar

Antrean kendaraan di sejumlah ruas tol Trans Jawa mencapai belasan kilometer.

Upaya contra flow dan penutupan akses untuk kendaraan yang menuju Jakarta sudah dilakukan kepolisian untuk mengurai kemacetan.

Namun hal itu tak serta merta membuat kemacetan panjang menghilang.

Sejumlah kendaraan pemudik memadati Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, pada H-4 Lebaran 2022, Kamis (28/4/2022). Memasuki puncak mudik Lebaran 2022, lalu lintas sepanjang tol Jakarta-Cikampek hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) menunjukkan peningkatan. Tampak foto udara menunjukan peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju Tol Trans Jawa.
Sejumlah kendaraan pemudik memadati Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, pada H-4 Lebaran 2022, Kamis (28/4/2022). Memasuki puncak mudik Lebaran 2022, lalu lintas sepanjang tol Jakarta-Cikampek hingga Cikopo-Palimanan (Cipali) menunjukkan peningkatan. Tampak foto udara menunjukan peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju Tol Trans Jawa. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Menurut Direktur Operasional PO Haryanto, Rian Mahendra, momen mudik seperti ini adalah masa yang paling berkesan bagi para pengusaha transportaso.

"Ini adalah Hari2 dimana para pengusaha jasa transportasi menuai pujian dan juga cacian..," tulis Rian Mahendra di akun Instagramnya sebagaimana dilansir TribunJakarta.com pada Minggu (1/5/2022).

Rian Mahendra yang sudah berpengalaman puluhan tahun mengurusi perjalanan mudik mengakui banyaknya pemudik di tahun ini.

"Tahun 2022 ini jumlah pemudiknya luar biasa gila... 20 tahun jd saksi mata arus mudik.. baru ini liat pemudik sampai sebanyak ini..," katanya.

Padahal, kata Rian Mahendra, hampir semua perusahaan otobus telah mengeluarkan seluruh armadanya untuk mengangkut para pemudik yang hendak berlebaran ke kampung halaman.

Namun itu belum juga mampu mengangkut semua pemudik yang jumlahnya begitu membeludak.

Baca juga: Banyak Penumpang Ngedumel, Bos Muda PO Haryanto Bongkar Alasan Tarif Bus Naik Drastis Tiap Mudik

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved