Lebaran 2022

H-1 Lebaran, Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan

Para penumpang tampak terus berdatangan hingga beberapa di antara mereka tidak tertampung pada kursi  di area tunggu keberangkatan Terminal

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Suasana keberangkatan penumpang yang hendak mudik dengan bus di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Terminal Kampung Rambutan di Ciracas, Jakarta Timur masih dipadati pemudik pada Minggu (1/5/2022) atau H-1 Idul Fitri 1443 Hijriah.

Para penumpang tampak terus berdatangan hingga beberapa di antara mereka tidak tertampung pada kursi  di area tunggu keberangkatan Terminal Kampung Rambutan.

Imbasnya, sejumlah penumpang harus duduk di lantai ruang tunggu keberangkatan bersama setumpuk tas dan barang bawaan menanti jadwal keberangkatan bus mereka.

Fauzi, satu pemudik bus antar kota antar provinsi (AKAP) mengatakan baru hari ini berangkat karena jarak tempuh ke kampung halamannya di Jawa Tengah karena baru mendapat tiket.

"Kemarin mau beli tiket yang keberangkatan H-3 tapi harganya terlalu mahal. Jadi milih yang berangkat agak mepet, lebih terjangkau," kata Fauzi di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (1/5/2022).

Baca juga: Selain Mudik, Banyak Warga Manfaatkan Momen Lebaran 2022 untuk Liburan ke Bali

Baca juga: Rumang Kosong Pemudik Sasaran Empuk Maling, Polisi di Tangerang Janji Bakal Rajin Patroli

Harga tiket keberangkatan pada H-3 lebih mahal karena jadi waktu favorit keberangkatan pemudik yang ingin menunaikan Salat Id di kampung halaman bersama keluarga besar.

Untuk harga tiket bus AKAP kelas eksekutif saja kenaikan harga pada tiket H-3 Idul Fitri dapat mencapai 100 persen dari harga normal, sehingga cukup memberatkan warga.

"Walaupun berangkat hari ini tapi mudah-mudahan masih keburu ikut Salat Id di kampung. Mudah-mudahan di jalan justru lebih lenggang, jadi lebih cepat sampai," ujar Fauzi.

Area tunggu keberangkatan penumpang yang hendak mudik dengan bus di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2022). 
Area tunggu keberangkatan penumpang yang hendak mudik dengan bus di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2022).  (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Berdasarkan data rekapitulasi keberangkatan penumpang di Terminal Kampung Rambutan, puncak keberangkatan sudah terjadi pada Jumat (29/4/2022) atau H-3.

Jumlah keberangkatan penumpang pada H-3 tercatat sebanyak 2.791, sementara pada Sabtu (30/4/2022) atau H-2 Idulfitri jumlah keberangkatan penumpang turun menjadi 2.365.

Baca juga: Duka Pemudik Motor di Lampung Adu Banteng dengan Bus, Kakak Meninggal di Lokasi

Jumlah ini melonjak bila dibanding rata-rata keberangkatan penumpang selama dua tahun pandemi Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan yang per harinya hanya berkisar ratusan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved