Lebaran 2022

Libur Lebaran, 46.959 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama pekan libur Lebaran.

Gerald Leonardo Agustino/ TribunJakarta.com
Suasana keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, ke Kepulauan Seribu, Selasa (3/5/2022) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama pekan libur Lebaran. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama pekan libur Lebaran.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti mengatakan, lebih dari 40 ribu wisatawan tercatat berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu sejak 29 April hingga 8 Mei 2022.

"Total ada 46.959 wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu selama libur Lebaran kemarin," kata Puji, Senin (9/5/2022).

Wisatawan domestik masih mendominasi dengan jumlah 46.368 orang.

Sementara 591 orang lainnya merupakan wisatawan mancanegara.

Baca juga: Kapal Cadangan Disiapkan di Kali Adem Antisipasi Lonjakan Wisatawan ke Kepulauan Seribu

Puji menjelaskan, para wisatawan itu datang ke Kepulauan Seribu melalui empat pintu masuk.

Keempatnya yakni Dermaga Kali Adem dengan 18.339 wisatawan, Dermaga Marina Ancol dengan 7.959 wisatawan, Pelabuhan Tanjung Pasir dengan 17.907 wisatawan, dan Rawa Saban dengan jumlah sebanyak 2.754 wisatawan

Di sisi lain, lokasi favorit wisatawan selama berlibur di Kepulauan Seribu masih didominasi Jembatan Cinta Pulau Tidung.

Kemudian ada Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan Pulau Pramuka.

Pantai Sunrise di Pulau Pramuka menjadi spot wisata baru di Kepulauan Seribu.
Pantai Sunrise di Pulau Pramuka menjadi spot wisata baru di Kepulauan Seribu. (Dok. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu)

Puji menjelaskan bahwa sejumlah wilayah Kepulauan Seribu menjadi destinasi favorit wisatawan sehingga berdampak meningkatkan perekonomian warga setempat. 

"Tentu ini menjadi hal positif bagi perekonomian warga Kepulauan Seribu mengingat salah satu mata pencahariannya dari sektor pariwisata," tutup Puji. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved