Antisipasi Virus Corona di DKI

Perkuat Aturan PPKM Level 1 di DKI, Pemprov DKI Bakal Terbitkan Pergub

Nantinya, pengaturan pembukaan tempat wisata seperti Museum Monumen Nasional (Monas) juga bakal disesuaikan dengan aturan dari pemerintah pusat.

Grafis Tribunnews.com
Ilustrasi PPKM 1-4 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta siapkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Diketahui, PPKM di Jabodetabek turun dari level 2 ke level 1. PPKM bestatus level 1 ini pun tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

"Untuk detailnya mengenai perkantoran, rumah, swalayan, besok akan kita sampaikan. Hari ini sudah disiapkan Pergubnya, InsyaAllah nanti akan diumumkan, tunggu sebentar ya," kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Selasa (24/5/2022) malam.

Adapun PPKM level 1 di DKI Jakarta ini berlaku sejak 24 Mei sampai 6 Juni mendatang.

Nantinya, pengaturan pembukaan tempat wisata seperti Museum Monumen Nasional (Monas) juga bakal disesuaikan dengan aturan dari pemerintah pusat.

"Iya semua akan disampaikan, kan baru hari ini kita ininya dari Permendagri," lanjutnya.

Sebagai informasi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta kembali berstatus level 1.

Baca juga: Aturan Lengkap PPKM Level 1 di Jabodetabek, Berikut Tempat yang Boleh Kapasitas 100 Persen

Hal inipun tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Di mana, pemerintah pusat telah menurunkan level PPKM untuk wilayah Jakarta ke level 1.

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1 (satu) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," bunyi Inmendagri tersebut yang dikutip TribunJakarta.com, Selasa (24/5/2022).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022) (Nur Indah Farrah Audina/TribunJakarta.com)

Tak hanya itu, status PPKM level 1 ini juga berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Serta, aturan ini berlaku selama dua pekan, terhitung mulai 24 Mei sampai 6 Juni 2022 mendatang.

Baca juga: Ada 14 Kasus Dugaan Hepatitis Akut di Indonesia, Paling Banyak Menyerang Anak di Bawah 5 Tahun

"Gubernur Banten dan Bupati/Wali kota untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria: 1) level 1 (satu) yaitu Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan,"

"Gubernur Jawa Barat dan Bupati/Wali kota untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria: 1) level 1 (satu) yaitu Kabupaten Kuningan, Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, Kota Banjar, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Garut," lanjut bunyi aturan tersebut.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved