KPK Terjun Bebas di Bawah Komando Firli Bahuri, Ini Buktinya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasakan terjun bebas sejak berada di bawah komando Firli Bahuri.

Editor: Elga H Putra
Tribunnews.com/Aqodir
Gedung KPK 

TRIBUNJAKARTA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasakan terjun bebas sejak berada di bawah komando Firli Bahuri.

Setidaknya hal itu terlihat dari kepercayaan masyarakat kepada lembaga antirasuah itu sejak ditangani Firli Bahuri.

Pasalnya, dalam hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, KPK menjadi aparat penegak hukum yang paling tidak dipercaya oleh masyarakat.

"Institusi yang paling dipercaya, peringkat pertama hingga ketiga tidak berubah.

TNI, presiden, Polri, yang berubah adalah Kejaksaan Agung," uja Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam rilis surveinya dilansir dari Tribunnews, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Baru Selesai Menjabat 22 Mei 2022, Eks Wali Kota Yogyakarta Dua Periode Kena OTT KPK

Diketahui dari survei nasional yang digelar Indikator Politik Indonesia pada tanggal 18-24 mei 2022 dan dilakukan melalui metode Random Digit Dialing (RDD).

Adapun RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak dengan sampel sebanyak 1213 responden.

"Kejaksaan Agung di survei sebelumnya di posisi ke delapan, di survei bulan Mei naik ke peringkat empat. KPK di bawah Kejaksaan Agung, pengadilan, dan polisi," kata Burhanudin.

Firli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021) dini hari.
Firli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021) dini hari. (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Berdasarkan tingkat kepercayaan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berada di posisi teratas dengan tingkat kepercayaan 85,3 persen, disusul presiden 73,3 persen, dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebanyak 66.6 persen.

Selanjutnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan 60,5 persen, pengadilan dengan 51,1 persen, dan KPK dengan 49.8 persen.

Di bawah KPK, ada Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan partai politik.

"KPK di antara lembaga penegak hukum tingkat trust-nya paling rendah," tutur Burhanudin.

Adapun margin of error dalam survei diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indikator Politik Indonesia: KPK Aparat Penegak Hukum Paling Tak Dipercaya Publi

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved