Pilpres 2024

Terkuat di Bursa Cawapres, Erick Thohir Kriteria Pemimpin Ideal Diusung Partai

Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden mencuat 16,0 persen berdasarkan temuan survei terbaru Poltracking Indonesia.

Editor: Wahyu Septiana
Dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN, Erick Thohir - Elektabilitas Erick Thohir sebagai calon wakil presiden mencuat 16,0 persen berdasarkan temuan survei terbaru Poltracking Indonesia. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) mencuat 16,0 persen berdasarkan temuan survei terbaru Poltracking Indonesia.

Tingginya elektabilitas yang diraih, Erick Thohir dinilai memiliki kriteria pemimpin ideal untuk diusung oleh partai.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Meidi Kosandi mengatakan elektabilitas adalah faktor penting untuk menggaet ketertarikan partai saat mengusung seorang figur.

Tingginya elektabilitas Erick Thohir membuka peluang namanya bakal menjadi magnet untuk dipinang oleh partai-partai.

“Kalau kita melihat konstelasi calon-calon yang muncul saat ini, tentu elektabilitas termasuk salah satu kriteria penting bagi partai untuk mencalonkan capres-cawapres,” ujar Meidi, Selasa (13/06/2022).

Ia menjelaskan, meski bukan menjadi satu-satunya faktor penentu.

Baca juga: Erick Thohir Dinilai Jadi Tokoh Penentu Kemenangan di Pilpres 2024

Namun elektabilitas adalah kriteria penting bagi seorang figur capres atau cawapres. Nantinya, soal diusung atau tidaknya seorang figur itu tergantung kesepakatan kandidat dan partai.

“Jadi kalau ditanya apakah partai akan tertarik atau tidak, partai-partai tertentu mungkin akan tertarik, tapi hasilnya siapa yang akhirnya akan dicalonkan oleh partai akan tergantung dari manuver dan kesepakatan di antara para kandidat dan partai-partai politik,” jelas Meidi.

Terakhir, Meidi menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi elektabilitas Erick Thohir melonjak tinggi.

Menteri BUMN, Erick Thohir, dijumpai wartawan di Margonda, Beji, Kota Depok, Sabtu (2/4/2022).
Menteri BUMN, Erick Thohir, dijumpai wartawan di Margonda, Beji, Kota Depok, Sabtu (2/4/2022). (Dwi Putra Kesuma/TribunJakarta.com)

Salah satunya adalah track record kepemimpinan Erick Thohir yang sangat baik.

“Mengapa elektabilitasnya tinggi, kita bisa menduga bahwa faktor penyebabnya bisa berasal dari tiga hal. Pertama, reputasi Erick Thohir yang baik. Kedua, ekspektasi para pemilih yg tinggi kepada figur Erick Thohir atau ketiga, konteks persaingan politik saat ini yang menjadikan ide mendukung Erick Thohir menarik bagi pemilih,” pungkas Meidi. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved