Summer In Jungle di Pesona Square Dikritik Pecinta Hewan Usai Tampilkan Kera, Ini Respon Pengelola

Acara Summer In Jungle di Mall Pesona Square dikritik pecinta hewan karena menampilkan kera. Ini respon pengelola Mall pada Rabu (15/6/2022).

akun Twitter @indiratendi
Layar tangkap acara Summer In Jungle di Mall Pesona Square dalam unggahan di akun Twitter @indiratendi. Mall Pesona Square tengah menjadi sorotan masyarakat usai menjadi lokasi acara eksibisi hewan bertajuk Summer In Jungle yang diselenggarakan sejak tanggal 6-19 Juni 2022. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Mall Pesona Square tengah menjadi sorotan masyarakat usai menjadi lokasi acara eksibisi hewan bertajuk Summer In Jungle yang diselenggarakan sejak tanggal 6-19 Juni 2022.

Di dalam acara ini, sejumlah primata berjenis beruk dan ekor panjang dihadirkan dan menjadi perhatian serius bagi para pecinta hewan yang menyebut bahwa acara ini merupakan eksploitasi hewan.

Bahkan, dokumentasi acara ini tersebar luas di jejaring sosial media Twitter, dan telah menuai ratusan komentar bernarasi negatif, belasan ribu retweet, serta disukai oleh lebih dari 37 ribu warganet.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Mall Pesona Square, Rina Picauly, mengatakan, sejatinya acara ini merupakan program hiburan menyambut liburan sekolah anak-anak.

"Acara ini diselenggarakan organizer dan komunitas yang bertujuan untuk membangun kepedulian dan rasa kasih sayang anak kepada hewan, sehingga atas pertimbangan itulah kami mengijinkan pelaksanaan acara tersebut di Pesona Square," kata Rina di Mall Pesona Square, Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (15/6/2022).

Baca juga: Cegah Rabies, Musang Hingga Kera Disuntik Vaksin

"Sebagai layanan tambahan dalam Event tersebut dilakukan program-program edukasi, seperti cara memeliharam hewan, serta pameran dan penjualan hewan peliharaan dan makanannya, termasuk layanan gratis vaksin khusus untuk hewan peliharaan pengunjung Pesona Square, yang alhamdulillah mendapatkan sambutan luar biasa baik," timpalnya.

Namun demikian, diluar dugaan talkshow dalam acara ini yang menghadirkan kera ekor panjang dan beruk ternyata mendapat kritik keras dari para pecinta binatang.

"Diluar dugaan kami, salah satu program talkshow yang bertujuan edukatif, dilakukan EO Souq sebagai penyelenggara bersama dengan komunitas P3BKS yang juga merupakan komunitas terpercaya dalam pemeliharaan hewan primata, mendapatkan perhatian cukup besar dari komunitas pecinta hewan dan kami sangat tersentuh dengan berbagai masukan dan perhatian yang diberikan," ungkapnya.

Baca juga: Akhir Pekan Jelang Lebaran, Warga Berburu Diskon Sampai 80 % di Pesona Square Depok

Atas kekisruhan ini, Rina mengatakan pihaknya sudah mengkonfirmasi ke pihak EO Souq dan komunitas yang bersangkutan.

"Kamis sudah mengkonfirmasi kepada pihak yang bersangkutan bahwa komunitas P3BKS hanya memberikan edukasi tentang primata, hewan yang dibawa dalam acara inipun bukan merupakan hewan yang dilindungi, dan tidak ada kegiatan jual beli untuk hewan jenis ini selama acara berlangsung," tuturnya.

Rina menegaskan bahwa tidak ada jual beli hewan primata dalam acra ini.

"Dapat dipastikan bahwa dalam even ini tidak dilakukan jual beli hewan-hewan yang dilindungi dan hanya berlaku untuk hewan-hewan yang memang diperbolehkan atau diizinkan untuk diadops," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved