Pilpres 2024

Anies & Ganjar Paling Diinginkan Kader NasDem, Pengamat Malah Usulkan Surya Paloh Usung Erick Thohir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang paling diinginkan kader NasDem sebagai capres di 2024.

Editor: Elga H Putra
Kolase Tribun Jakarta
Kolase foto Anies Baswedan, Erick Thohir dan Ganjar Pranowo. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang paling diinginkan kader NasDem sebagai capres di 2024. Kendati begitu, pengamat politik justru menilai justru Erick Thohir yang paling tepat diusung partainya Surya Paloh. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang paling diinginkan kader NasDem sebagai capres di 2024.

Kendati begitu, pengamat politik justru menilai justru Erick Thohir yang paling tepat diusung partainya Surya Paloh.

Diketahui, Dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem di seluruh Indonesia, 32 diantaranya mengusung Anies untuk maju sebagai capres.

Kemudian, Ganjar menjadi nama kedua yang paling banyak diusulkan dengan total dukungan dari 29 DPW.

Disusul urutan ketiga Menteri BUMN Erick Thohir dengan 16 suara.

Baca juga: Anies Baswedan Tak Ada Lawan di NasDem, Hampir 100 % Anak Buah Surya Paloh Dukung Dia Jadi Capres

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate menjelaskan bahwa pengambilan keputusan dari DPW itu bukan berasal dari mekanisme voting, melainkan musyawarah.

"Dan karenanya, jumlah atau angka usulan tidak menentukan ranking usulan," ujarnya di acara Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (16/6/2022).

Selain ketiga nama itu, masih banyak nama tokoh lain yang muncul dalam rakernas NasDem untuk maju sebagai capres di 2024.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi yang paling diinginkan kader NasDem sebagai capres di 2024. Kendati begitu, pengamat politik justru menilai justru Erick Thohir yang paling tepat diusung partainya Surya Paloh. (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Diantaranya seperti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, hingga Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

NasDem sulit usung Anies dan Ganjar

Kendati diusulkan oleh mayoritas kadernya, pengamat politik Mohamad Qodari mengatakan baik Ganjar maupun Anies sulit untuk diusung Nasdem jadi capres 2024.

Pasalnya, kata dia, NasDem ingin capres memberikan efek ekor jas (coat-tail effect) yakni sosok capres berimbas kepada perolehan suara partai di Pemilu.

Menurut dia jika mencalonkan Anies maka hal itu sulit diperoleh Nasdem.

"Mencalonkan Anies memang surveinya tinggi juga.

Baca juga: Usulan DPW NasDem Buat Bakal Capres 2024, Nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Bersaing Ketat

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved