Pemilu 2024

Pertemuan Gibran dan Prabwo Munculkan Wacana Pilkada DKI, Jejak Solo-Jakarta Jokowi Bisa Terulang

Isu Pilkada DKI Jakarta 2024 menyeruak dari pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Istimewa
Wali Kota Solo Gibran rakabuming bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Hambalang, Bogor, di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, pada Sabtu (18/6/2022) 

TRIBUNJAKARTA.COM - Isu Pilkada DKI Jakarta 2024 menyeruak dari pertemuan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Pertemuan itu terjadi di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022).

Nama Gibran memang santer disebut-sebut akan melenggang ke Jakarta.

Jika isu itu benar terjadi, maka Gibran tidak lain mengikuti jejak ayahnya, Presiden Jokowi, yang menapaki karir politik dari Solo ke Jakarta.

Selain langkah yang sama, sosok promotor atau pendukung utama Jokowi dan Gibran pun sama, Prabowo Subianto.

Baca juga: Naik Kuda di Rumah Prabowo, Gibran Rakabuming Minta Tunggangan Politik ke Pilkada DKI 2024?

Soal potensi adanya kesepakatan soal Pilkada DKI dari pertemuan Gibran dengan Prabowo diungkap Pengamat Politik Ujang Komarudin.

Menurutnya, keduanya adalah tokoh politik. Secara konteks, memang saat ini sudah memasuki tahun politik jelang Pemilu serentak 2024.

"Keduanya orang politik, tentu biasa kalau terkait silaturahmi, lalu soal dukung mendukung juga, siapa tahu Gibran mau maju di Pilkada Jakarta," ucap pengamat politik Ujang Komarudin, Sabtu (19/6/2022).

Pengamat dari Universitas Al-Azhar ini menilai, langkah Gibran untuk mengisi posisi DKI 1 semakin terbuka lebar bila mendapat sokongan dari Gerindra.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah kursi kedua partai ini di DPRD DKI, di mana PDIP punya 25 kursi dan Gerindra 19 kursi.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, pada Minggu (18/6/2022).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkuda di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, pada Minggu (18/6/2022). (Istimewa)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved