Pilpres 2024

Hanya Anies Baswedan yang Tak Berkopiah Saat Disandingkan dengan 7 Presiden, Ternyata Ada Maknanya

Foto Anies Baswedan yang hanya dia seorang tak mengenakan kopiah saat disandingkan dengan tujuh presiden Republik Indonesia ternyata ada maknanya.

Editor: Elga H Putra
Foto Anies Baswedan yang hanya dia seorang tak mengenakan kopiah saat disandingkan dengan tujuh presiden Republik Indonesia ternyata ada maknanya. TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Foto Anies Baswedan yang hanya dia seorang tak mengenakan kopiah saat disandingkan dengan tujuh presiden Republik Indonesia ternyata ada maknanya.

Diketahui, viral di media sosial spanduk yang memuat foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersanding dengan tujuh presiden Republik Indonesia mulai dari Sukarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Joko Widodo.

Spanduk itu terpasang di jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di Jalan Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur tepatnya di depan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Ibnu Chuldun, Sabtu (18/6/2022).

Saat ini keberadaan spanduk itu memang sudah dicopot oleh jajaran Satpol PP.

Namun spanduk yang memuat foto Anies bersanding dengan tujuh presiden Indonesia itu sudah terlanjur viral.

Baca juga: Ini Analisa Pengamat Soal Viral Foto Anies Tanpa Kopiah Bersama 7 Presiden RI: Ada Kebimbangan

Keberadaan spanduk Anies itu pun menjadi sorotan, termasuk oleh para pengamat politik.

Termasuk soal penampilan Anies yang ada dalam spanduk tersebut.

Sebab, hanya foto orang nomor satu di DKI itu saja Anies yang tidak mengenakan kopiah.

Spanduk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersanding bersama tujuh Presiden Indonesia, termasuk Jokowi terpampang di JPO Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Sabtu (18/6/2022).
Spanduk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersanding bersama tujuh Presiden Indonesia, termasuk Jokowi terpampang di JPO Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Sabtu (18/6/2022). (Tribun Jakarta/Bima Putra)

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin, mengatakan kopiah yang tak dipakai dalam foto lantaran Anies belum menjadi Presiden RI berikutnya.

Hal itupun menunjukkan kebimbangan soal jadi presiden atau tidak.

"Ya kalau memang spanduknya seperti itu, ya misalkan Anies disejajarkan dengan presiden sebelumnya ada fotonya yang kebetulan Anies tidak menggunakan peci ya itu karena mungkin Anies kan belum tahu apakah jadi presiden atau tidak, kan yang memakai peci kan semuanya sudah jadi presiden dan mantan presiden. Saya melihatnya seperti itu," ucap Ujang saat dikonfirmasi, Minggu (19/6/2022).

Kendati begitu, ia tak menampik jika pemasangan spanduk ini sangat cerdik dalam hal pemilihan waktu.

Sebab, pemasangan dilakukan ketika nama Anies tengah melambung dan ramai perbincangkan setelah 32 DPW NasDem merekomendasikan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved