Bagi Yang Belum Menikah, Dokter Bicara Keperluan Pap Smear Untuk Cegah Kanker Serviks

Pap Smear merupakan sebuah metode pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Freepik
Ilustrasi kanker serviks. Mengenal Pap Smear, sebuah metode pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pap Smear merupakan sebuah metode pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks.

Pap Smear penting dilakukan oleh kaum wanita sebagai bentuk skrining awal atau upaya pencegahan terjadinya kanker serviks.

Akan tetapi, Pap Smear idealnya dilakukan oleh perempuan yang sudah menikah atau aktif berhubungan seksual.


Demikian diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kandungan, dr. Agung Witjaksono, Sp.OG dalam acara Grand Launching Klinik Utama JLA, Jakarta Selatan.

"Kalau belum menikah, papsmear tidak dilakukan. Karena salah satu yang dianggap penyebab kanker serviks adalah hubungan seksual di usia yang sangat muda dan multiple sexual partner. Jadi kalau orang yang belum pernah melakukan hubungan seksual, bisa dikatakan masih aman dari kanker serviks," kata dia, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: KABAR DUKA Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto Meninggal Dunia, Sempat Dirawat karena Kanker Usus

Salah satu penyebab kanker serviks, seringkali dikaitkan dengan adanya infeksi human papillomavirus (HPV).

Orang yang memiliki banyak pasangan seksual atau yang memulai hubungan seksual pada usia muda, ialah memiliki risiko tinggi pada infeksi HPV tersebut.

Oleh sebab itu, menurut Dokter Agung perempuan yang belum pernah melakulan hubungan seksual bisa dikatakan minim resiko sehingga tidak perlu melakukan papsmear.

Namun, upaya terbaik untuk mengecah kanker serviks pada perempuan yang belum melakukan hubungan seksual bisa dilakukan dengan vaksin HPV atau vaksin kanker serviks.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved