Cerita Kriminal

Pura-pura jadi Teknisi, Aksi Pemuda Gasak UPS ATM Bank DKI di Koja Ditangkap Babinsa

Diungkapkannya, aksi pencurian UPS ATM di kantor kelurahan itu terungkap setelah adanya kecurigaan dari seorang petugas cleaning service.

Instagram @merekamjakarta
Babinsa bersama warga membekuk Ilham Alfiansyah (23) usai kepergok melakukan pencurian uninterruptible power supply (UPS) atau suplai daya mesin ATM Bank DKI di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Senin (4/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Babinsa bersama warga membekuk Ilham Alfiansyah (23) usai kepergok membobol dan mencuri uninterruptible power supply (UPS) atau suplai daya mesin ATM Bank DKI di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Senin (4/7/2022).

Modus yang dilakukan pelaku pencurian UPS ATM ini yakni mengaku sebagai teknisi IT dari bank yang sedang memperbaiki mesin ATM tersebut.

Anggota FKDM Tugu Selatan, Sri Rachmawati mengatakan, kedok Ilham terungkap setelah dirinya dipergoki hendak menjalankan aksi serupa di ATM Bank BRI sebuah minimarket pada hari yang sama.

"Dia ngakunya sebagai tim IT dari Bank DKI, tapi karena terkonfim di grup bank BRI di (Indomaret) Tugu Utara, ternyata bukan," kata Sri di lokasi, Selasa (5/7/2022).

Karena ketahuan, Ilham tak bisa berkilah saat digiring ke Kantor Kelurahan Tugu Selatan oleh petugas gabungan.

Baca juga: Berhasil Masuk Tapi Tak Bisa Keluar, Nasib Apes Sutiasno Malah Angkat Tangan Setelah Bobol ATM

Ilham dibawa beserta barang bukti satu unit UPS yang sudah diletakkan di motornya.

FKDM Tugu Selatan menunjukan lokasi pencurian UPS dari ATM Bank DKI di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Selasa (5/7/2022). UPS ATM bank Pemprov DKI Jakarta itu raib digasak pemuda yang berpura-pura jadi teknisi IT sehari sebelumnya. 
FKDM Tugu Selatan menunjukan lokasi pencurian UPS dari ATM Bank DKI di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Selasa (5/7/2022). UPS ATM bank Pemprov DKI Jakarta itu raib digasak pemuda yang berpura-pura jadi teknisi IT sehari sebelumnya.  (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Tak hanya itu, didapati pula alat-alat tertentu yang dipakai pelaku untuk membobol wadah penempatan UPS ATM Bank DKI Kantor Kelurahan Tugu Selatan.

"Jadi dia pakai alat-alat kayak obeng, tang, buat ngerusak gembok (wadah UPS)," kata Sri.

"Pelaku juga memanfaatkan momen saat kantor kelurahan lagi ramai kegiatan vaksinasi untuk menjalankan aksinya," sambungnya lagi.

Selain Ilham, seorang pelaku lainnya belum tertangkap. Ilham sendiri saat ini sudah dibawa ke Mapolsek Koja untuk diproses lebih lanjut.

Aksi pencurian UPS ATM Bank DKI itu juga dibenarkan Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Koja AKP Yayan Heri.

Baca juga: Vice President Bank Ngaku Rampok BJB Fatmawati karena Terlilit Utang, Polisi Tes Psikologis Pelaku

Diungkapkannya, aksi pencurian UPS ATM di kantor kelurahan itu terungkap setelah adanya kecurigaan dari seorang petugas cleaning service

"Pelaku masuk ke ATM (Bank BRI) dengan modus memperbaiki mesin, kemudian dilihat oleh cleaning service bank," ujar Yayan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved