Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Jabodetabek Batal Terapkan PPKM Level 2, Statusnya Kembali Level 1, Terungkap Ini Pertimbangannya

Satgas Covid-19 mengungkap alasan perubahan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek dari level 2 menjadi Level 1.

WOL Ilustrasi
Ilustrasi PPKM di Indonesia - Satgas Covid-19 mengungkap alasan perubahan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek dari level 2 menjadi Level 1. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Satgas Covid-19 mengungkap alasan perubahan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek dari level 2 menjadi Level 1.

Dirjen Bina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Safrizal menuturkan tren pelandaian terjadi pada seminggu terakhir, sekalipun kasus Covid-19 kembali mengalami peningkatan.

"Meskipun berdasarkan indikator transmisi komunitas wilayah aglomerasi jabodetabek berada pada level 2, tetapi dalam satu minggu terakhir kami melihat terjadi tren pelandaian (flattening) yang mengindikasikan wilayah aglomerasi Jabodetabek telah melewati puncak," ucapnya, Rabu (6/7/2022).

"Dengan perkembangan tersebut, kami memperkirakan wilayah aglomerasi Jabodetabek dapat kembali ke level 1 dalam 1 atau 2 minggu ke depan," sambungnya.

Berangkat dari hal inilah akhirnya pembahasan ulang dilakukan dan didapatkan keputusan untuk menurunkan status PPKM di Jabodetabek menjadi level 1 kembali.

Baca juga: Baru Dinaikan ke Level 2, PPKM di Jabodetabek Berubah Lagi Jadi Level 1

Aturan ini pun tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2022 tentang PPKM di Wilayah Jawa dan Bali dan berlaku hingga 1 Agustus 2022 mendatang.

"Setelah melakukan review dan asesmen terhadap kondisi tersebut, mengingat Inmendagri akan berlalu selama 1 bulan, dengan pertimbangan kasus yang sudah mulai melandai dan diperkirakan akan kembali ke level 1, serta tingkat rawat inap dan kematian yang masih rendah dan terkendali, kami memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi menjadi level 1," pungkasnya.

Ilustrasi PPKM 1-4
Ilustrasi PPKM 1-4 (Grafis Tribunnews.com)

PPKM di Jabodetabek kembali Level 1

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah mengalami revisi.

Alhasil, sejumlah wilayah yang sempat berstatus level dua dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 33 Tahun 2022 tentang penerapan PPKM Level 2 dan Level 1 di Jawa dan Bali, kembali turun menjadi level 1.

Adapun wilayah yang direvisi menjadi PPKM Level 1 diantaranya ialah Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

"Setelah melakukan review dan asesmen terhadap kondisi tersebut, mengingat Inmendagri akan berlalu selama 1 bulan, dengan pertimbangan kasus yang sudah mulai melandai dan diperkirakan akan kembali ke level 1, serta tingkat rawat inap dan kematian yang masih rendah dan terkendali, kami memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi menjadi level 1," ucap Dirjen Bina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Safrizal saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

Perubahan aturan ini pun tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2022 tentang PPKM di Wilayah Jawa dan Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved