Idul Adha

Miripnya Jenis dan Bobot Sapi Presiden dan Wapres: Tak Dibiarkan Kepanasan, Dipayungi Merah Putih

Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk disembelih.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Elga H Putra
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Pelaksana Humas Masjid Istiqlal Sapar mengatakan, sapi kurban dari Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin sudah diserahkan di Masjid Istiqlal bersama dengan beberapa hewan kurban lainnya, pada Sabtu (9/7/2022) ini.

"Alhamdulillah, sudah ada beberapa hewan kurban (di Istiqlal) termasuk yang baru datang, ada dari Presiden dan Wapres," kata Sapar dikonfirmasi, Sabtu (9/7/2022).

Menurut pantauan TribunJakarta.com di lokasi, dua ekor sapi milik Presiden Jokowi dan juga Wapres Ma'ruf Amin mirip dari segi jenis dan beratnya.

Warna sapi milik Jokowi dan Maruf Amin juga sama yakni coklat dengan ada warna putih di bagian kepala.

Baca juga: Berbobot 700 Kilogram, Ini Sapi Kurban Wagub DKI di Masjid Agung Al-Azhar Jaksel

Sapi milik Jokowi dan Maruf Amin memang diletakan spesial oleh panitia Masjid Istiqlal.

Kedua sapi itu diletakan secara terpisah dari sejumlah hewan kurban lainnya yang telah disalurkan ke Masjid Istiqlal.

Kedua ekor sapi tersebut tak dibiarkan kepanasan.

Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.
Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin menyumbangkan masing-masing 1 ekor sapi kurban ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. (TribunJakarta/Pebby Ade Liana)

Sapi itu berada di sebuah tenda berwarna merah-putih yang berlokasi di dekat gerbang Al-Ghaffar Masjid Istiqlal.

Menurut petugas di lokasi, sapi kurban milik Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin diperkirakan memiliki berat sekitar 1 ton.

Menhub Sumbang Sapi Kurban ke Istiqlal

Selain Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, sejumlah tokoh tanah air lainnya juga ikut menyalurkan hewan kurban di Masjid Istiqlal Jakarta.

Satu diantaranya, ialaj Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi. Budi Karya, menyumbangkan 1 ekor sapi kurban, ke Masjid Istiqlal Jakarta dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Dengan demikian, hingga siang ini sudah ada sebanyak 30 ekor sapi di Masjid Istiqlal Jakarta yang siap disembelih pada Rari Raya Idul Adha.

Baca juga: Sapi Kurban Menhub Budi Karya Sumadi untuk Idul Adha 2022 Dominan Cokelat, Jenisnya Limosin

"Siang ini total sih ada 30 sapi dan 12 kambing. Tapi itu masih bisa bertambah. Kalau sapi salah satunya ada dari Pak Menhub," kata salah satu petugas di lokasi, Sabtu (9/9/2022).

Menurut pantauan TribunJakarta.com, sapi dari Budi Karya ini memiliki nomor leher 21 dengan tulisan Menhub pada bagian badannya.

Memiliki ukuran badan yang cukup besar, sapi kurban dari Budi Karya ini memiliki warna dominan cokelat dengan warna putih pada bagian kaki dan juga kepala.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved