Pagar Tribun JIS Roboh

Jakpro Salahkan The Jakmania Pagar Tribun JIS Bisa Roboh: Fungsinya Bukan Buat Diduduki

Aksi para suporter The jakmania ini pun menyebabkan beban tarik tambahan lantaran horizontal barrier tidak didesain sebagai tempat untuk berpijak

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Pagar tribun penonton roboh terjadi saat grand launching JIS (Jakarta International Stadium) di Tanjung Priok, Jakarta Utara,Minggu (24/7/2022) petang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Di tengah desakan audit konstruksi bangunan dan anggaran, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penggarap proyek Jakarta International Stadium (JIS) angkat bicara soal pagar tribun JIS roboh saat grand launching JIS.

VP Corporate Secretary Jakpro Nadia Diposanjoyo mengatakan, pagar tribun JIS roboh karena ulah suporter Persija alias The Jakmania yang menginjak-injak sarana tersebut.


Padahal, fungsi pagar pembatas itu untuk menjaga keselamatan para penonton dan pemain di lapangan.


"Sedianya, pagar pembatas berfungsi untuk penanda batas untuk menjaga keselamatan antara penonton dan pemain, bukan untuk diduduki, diinjak, atau bahkan dilompati," ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).


Hal ini pun sangat disayangkan pihak Jakpro lantaran euforia dan antusiasme tinggi dari The Jakmania justru mengakibatkan fungsi pagar pembatas tidak digunakan sebagaimana mestinya.


Padahal, pagar penonton dibuat sedemikian rupa demi keselamatan bersama sesuai dengan standar stadion kelas internasional.


"Fungsi pagar pembatas ini adalah untuk memastikan penonton agar tetap berada di tribun dan tidak memasuki lapangan, karena hal tersebut tidak diperbolehkan," ujarnya.

Baca juga: Pagar Tribun Penonton JIS Roboh Saat Peresmian, DPRD DKI Berencana Panggil Jakpro

 

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, saat konferensi pers, di kawasan Jalan Taman Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, saat konferensi pers, di kawasan Jalan Taman Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT)

 

Selain itu, jarak FOP dengan penonton juga sangat dekat, kurang lebih sekira 10 meter sehingga pagar pembatas diperlukan untuk mengamankan area tribun dan lapangan.


"Penggunaan dan penerapan horizontal barrier ini pun merupakan salah satu kriteria dari Basic Design, hasil usulan dari konsultan perencana Buro Happold dan telah disetujui di TABG-AP (Tim ahli bangunan gedung bidang arsitektur  dan perkotaan)," kata Nadia.

 

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menyebut, peristiwa pagar tribun JIS roboh ini terjadi jelang laga persahabatan antara Persija melawan Chonburi FC.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved